Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi IAIN Ambon

Penulis

  • Halifah Halifah universita Muhammadiyah Maluku

DOI:

https://doi.org/10.32529/jbb.v4i01.3987

Kata Kunci:

Hama dan Penyakit, IAIN Ambon, Literasi Sains

Abstrak

Analisis kemampuan literasi sains mahasiswa berupa alternatif yang dapat diberikan pendidik kepada peserta didik sebagai evaluasi dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil tahun akademik 2024/2025 di Institusi Agama Islam Negeri Ambon. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Biologi yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang dikembangkan dibatasi pada materi Hama dan Penyakit Hasil Laut. Metode penelitian yaitu analisis statistik deksriptif dengan mengambarkan kondisi apa adanya tanpa pemberian perlakukan. Instrumen yang dikembangkan berjumlah delapan butir soal tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Penelitian mengungkap bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi IAIN Ambon secara umum masih tergolong rendah, dengan persentase sebesar (59,47%). Indikator yang menunjukkan kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah secara akurat berkategori sangat rendah (37,33%), dan indikator yang berkaitan dengan penafsiran data dan penarikan kesimpulan secara tepat berkategori baik (76,00%). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains mahasiswa tersebut perlu ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran berbasis literasi sains

Referensi

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68.

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal, 3(April), 1–8.

Cacik, S., Winata, A., & Widiyanti, I. S. R. (2018). Development of “Putik Berisi” (Student Experiment Worksheets Based on Science Literacy) to 5th Grade Students at Elementary School Sidorejo I Tuban. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 67-77.

Dewi, N. A. R., & Sunarti, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada SMA untuk Materi Alat Optik Inovasi Pend. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3), 381–384. Biologi FKIP UNS, 285–291.

Efendi, M. (2013). Lingkungan sebagai media pembelajaran. Geography South Kalimantan, 3(1), 1-7.

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377.

Hariyanti, F. (2019). Statistical Literacy Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Student’s Statistical Literacy of Junior high school in Learning Mathematics. EKPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 911–920.

Haruna, M. F., & Haluti, A. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Haruna, M. F., Nurlia, N., & Levianti, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Luwuk. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 18-26.

Haruna, M. F., Kenta, A. M., Nurlia, N., Anggo, S., & Bungaji, R. N. S. (2024). Analysis of Students' Science Literacy Skills on the Circulatory System Material at SMA Negeri 1 Luwuk. Journal of World Science, 3(6), 660-666.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

NAAEE. (2011). NAAEE by the North American Association for Environmental Education. Washington, USA.

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy.

Permatasari, P., & Fitriza, Z. (2019). Analisis Literasi Sains Siswa Madrasah Aliyah pada Aspek Konten, Konteks, dan Kompetensi Materi Larutan Penyangga. EduKimia, 1(1), 53–59.

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosda Karya.

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183–190.

Saribas, D. (2015). Investigating the Relationship between Pre-Service Teachers’ Scientific Literacy, Environmental Literacy and Life-Long Learning Tendency. Science Education International, 26(1), 80–100.

Sartika, D., Kalsum, U., & Arsyad, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 8–12.

Shofiana, F. (2022). Analisis Tingkat Kompetensi Literasi Sains Mahasiswa Tadris Biologi. Jurnal Kulidawa, 3(1).

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Halifah, H. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi IAIN Ambon. Jurnal Biologi Babasal, 4(01), 53–61. https://doi.org/10.32529/jbb.v4i01.3987

Terbitan

Bagian

Articles