Tingkat Literasi Informasi Siswa Pada Era Pembelajaran Digital: Survei Pada Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Nurlia Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Alwia Samaduri Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Theresia Andriani Matoneng Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/jbb.v4i01.3963

Kata Kunci:

Literasi Informasi, Pembelajaran Digital, Siswa

Abstrak

Rendahnya keterampilan siswa dalam menilai keakuratan dan kredibilitas informasi dari berbagai sumber mengakibatkan penyebaran misinformasi dan kurangnya pemahaman kritis dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat literasi informasi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian menggunakan motode deskriptif ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada 35 siswa dari kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Metode pengumpulan data menggunakan angket, yang terdiri dari 25 pernyataan dan 5 indikator literasi informasi. Persentase dari setiap kategori dimasukkan dalam analisis deskriptif kuantitatif data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya kemampuan literasi informasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwuk termasuk pada kategori baik, yaitu sebesar 83%. Artinya, umumnya siswa mampu mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif.

Referensi

Akhana, N. E. & Alt?kulac, A. (2014). Social Studies Teaching Department Freshmen’s Views on Social Studies Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2903–2908

Behesty, O., L., K. (2023). Implementasi Literasi Informasi di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. JIMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 108–114.

Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Informasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129–136.

Harefa, H. S., Sari, S. N., & Hia, N. (2022). Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Informasi. Abdimas Mutiara, 3(1), 181–187.

Insani, M. K. & Hafida, S. H. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa pada Sistem Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 23-32.

Fauziah, G. & Lestari, A. W. 2018. Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Pamulang. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).

Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33-41

Kennedy, H. R., & Gruber, A. H. (2020). Critical Thinking in a Service-Learning Course: Impacts of Information Literacy Instruction. Communications in Information Literacy, 14(2), 205-226.

Lien, D. A., Gunawan, A. W., Aruan, D. A., Kusuma, S. & Adriyanto, S. (2014). Literasi Informasi: Tujuh Langkah Knowledge Management. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Muhajang, T. & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. PEDAGONAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15-22.

Murti, D. P. & Winoto, Y. (2018). Hubungan antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinon Kabuaten Bogor. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-5.

Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117-128.

Rania, A. A., & Sayekti, R. (2022). Membangun Kolaborasi Pustakawan dan Fakultas dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa. TIK ILMEU: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 307-324.

Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14-19.

Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statitiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riyanti, R. & Risnani, L. Y. (2019). Literasi informasi dalam Konteks 21st Century Skills pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), e-ISSN: 2528-5726.

Salsabila, A., Hidayati, S. N & Aulia, E. V. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa SMP dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Society 5.0. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 569-580.

Syahri, M., Fikri, A. M. & Ernaningsih, D. N. (2021). Tingkat Literasi Informasi Siswa MAN 1 Jembrana Menggunakan BIG 6 Model. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1), 91-102.

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Nurlia, Samaduri, A., & Matoneng, T. A. (2025). Tingkat Literasi Informasi Siswa Pada Era Pembelajaran Digital: Survei Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Biologi Babasal, 4(01), 16–22. https://doi.org/10.32529/jbb.v4i01.3963

Terbitan

Bagian

Articles