Tingkat Literasi Informasi Siswa Pada Era Pembelajaran Digital: Survei Pada Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v4i01.3963Kata Kunci:
Literasi Informasi, Pembelajaran Digital, SiswaAbstrak
Rendahnya keterampilan siswa dalam menilai keakuratan dan kredibilitas informasi dari berbagai sumber mengakibatkan penyebaran misinformasi dan kurangnya pemahaman kritis dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat literasi informasi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian menggunakan motode deskriptif ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada 35 siswa dari kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Metode pengumpulan data menggunakan angket, yang terdiri dari 25 pernyataan dan 5 indikator literasi informasi. Persentase dari setiap kategori dimasukkan dalam analisis deskriptif kuantitatif data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya kemampuan literasi informasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwuk termasuk pada kategori baik, yaitu sebesar 83%. Artinya, umumnya siswa mampu mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif.
Referensi
Akhana, N. E. & Alt?kulac, A. (2014). Social Studies Teaching Department Freshmen’s Views on Social Studies Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2903–2908
Behesty, O., L., K. (2023). Implementasi Literasi Informasi di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. JIMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 108–114.
Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Informasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129–136.
Harefa, H. S., Sari, S. N., & Hia, N. (2022). Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Informasi. Abdimas Mutiara, 3(1), 181–187.
Insani, M. K. & Hafida, S. H. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa pada Sistem Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 23-32.
Fauziah, G. & Lestari, A. W. 2018. Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Pamulang. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).
Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33-41
Kennedy, H. R., & Gruber, A. H. (2020). Critical Thinking in a Service-Learning Course: Impacts of Information Literacy Instruction. Communications in Information Literacy, 14(2), 205-226.
Lien, D. A., Gunawan, A. W., Aruan, D. A., Kusuma, S. & Adriyanto, S. (2014). Literasi Informasi: Tujuh Langkah Knowledge Management. Jakarta: Universitas Atma Jaya.
Muhajang, T. & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. PEDAGONAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15-22.
Murti, D. P. & Winoto, Y. (2018). Hubungan antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinon Kabuaten Bogor. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-5.
Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117-128.
Rania, A. A., & Sayekti, R. (2022). Membangun Kolaborasi Pustakawan dan Fakultas dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa. TIK ILMEU: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 307-324.
Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14-19.
Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statitiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Riyanti, R. & Risnani, L. Y. (2019). Literasi informasi dalam Konteks 21st Century Skills pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), e-ISSN: 2528-5726.
Salsabila, A., Hidayati, S. N & Aulia, E. V. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa SMP dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Society 5.0. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 569-580.
Syahri, M., Fikri, A. M. & Ernaningsih, D. N. (2021). Tingkat Literasi Informasi Siswa MAN 1 Jembrana Menggunakan BIG 6 Model. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1), 91-102.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work