Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA

Penulis

  • Sisilia Febriyanti Tangkal Univeritas Muhammadiyah Luwuk
  • Nurlia Nurlia Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Alwia Samaduri Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/jbb.v3i2.3520

Kata Kunci:

hasil belajar, video animasi, sistem saraf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar materi sistem saraf kelas XI MIA di SMA Katolik Santo Yoseph Luwuk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas dengan perlakukan yang berbeda, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian adalah pre-test dan post-test one group. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap tahun ajaran 2023/2024 di SMA Katolik Santo Yoseph Luwuk. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik tes berupa soal pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 15 butir. Teknik analisis data berupa uji hipotesis menggunakan rumus uji-t (t-tes). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai thitung > ttabel (4.152 > 2,02) maka H0 ditolak sedangkan H1 diterima sehingga dapat ditarik kesimpuln bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf kelas XI MIA di SMA Katolik Santo Yoseph Luwuk.

Referensi

Aini, N. Zuliani, R dan Rini, C, P. 2021. Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 3 (3): 417-426.

Aliyyah, R. R., Amini, A. Imam, S. Herawati, E. S. B. dan Febiantina, S. 2021 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan M edia Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora. Vol 12 (1): 2087-4928.

Ambara, I.M., Adiarta, A. dan Indrawan, G. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Vol. 7 (1): 31-38.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hafzah, N. Kamila, P. A. Eka, L. Nurul, A. Utut, A. dan Much, F.S. 2020. Meta Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Siswa di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6 (4): 541-549.

Moto, M. M. 2019. Pengaruh Pengguanaan Media Pembelajaran Dalam dunia Pendidikan. Indonesian Journal Of primary Education. Vol. 3 (1): 20-28.

Nurlia dan Anggo, S. 2020. Hubungan Kecerdasan Naturalistik dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kota Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol 4 (2). 97-106.

Novita, L dan Novianty, A. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran. Jurnal TIEE. Vol 3 (1): 46-53.

Novita, L., dan Sundari, F, S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu. Vol 4 (3). 716-724.

Rahmayanti, L. dan Istianah, F. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal PGSD. Vol 6 (4): 429-439.

Shakira, P., dan Raharjo,M. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon dan Inshot Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasrakan Jenis Makanan Kelas V SDN 99 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 14 (1): 56-57.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Warmi, A. Wardono., dan Budi W. 2024. Implementasi Media Animasi 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Prisma. Vol 7: 295-300.

Yendrita., dan Syafitri, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 2 (1): 26-32.

Yuanta, F. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1 (2): 91-100.

Diterbitkan

2024-10-05

Cara Mengutip

Tangkal, S. F., Nurlia, N., & Samaduri, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA . Jurnal Biologi Babasal, 3(2), 56–62. https://doi.org/10.32529/jbb.v3i2.3520

Terbitan

Bagian

Articles