Hubungan Kompetensi Profesional Guru Biologi dengan Hasil Belajar Siswa di SMAS GKLB Luwuk
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v3i2.3457Kata Kunci:
Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Biologi, LuwukAbstrak
Kompetensi profesional guru merujuk pada kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru biologi terhadap hasil belajar siswa di SMAS GKLB Luwuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh siswa berjumlah 30 orang sebagai responden. Data yang dihasilkan dari responden kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru biologi dengan hasil belajar siswa. Semakin tinggi kompetensi profesional guru, semakin baik hasil belajar siswa yang tercermin dari nilai akademis mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi profesional guru sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa di sekolah. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan bagi guru biologi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
Referensi
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol. 9(2), 204–220.
Alma.B.(2004). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Cleopatra, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 5 (2), 168-181.
Djarwo, F.C. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. Vol 7 (1), 1-7.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 (2), 93-196.
Haruna, M. F., & Haluti, A. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama
Haruna, M. F., Kenta, A. M., Nurlia, N., Anggo, S., & Bungaji, R. N. S. (2024). Analysis of Students' Science Literacy Skills on the Circulatory System Material at SMA Negeri 1 Luwuk. Journal of World Science, 3(6), 660-666.
Jamun, Y. M., Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, & Rudolof Ngalu. (2020).. JIPD Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar),Vol. 4(1), 46–50.
Kunandar. (2014). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 (1), 549.
Mustami, K.M., Suyuti, M., & Maryam, (2019). Validitas, kepraktisan dan effektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi spiritual Islam. Jurnal Al Qalam. Vol 23 (1), 71.
Putra, D.E., & Utari, D. (2021) Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama. Vol 13 (2), 491-502.
Siti, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. Vol 3 (1), 73-82
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 18(2), 1– 12.
Roestiyah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rosalina Linda, dkk. 2023. Buku Ajar Statistika. Padang. Muharika Rumah Ilmiah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work