Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP GKST 3 Tentena

Penulis

  • Ulfa Tridewi Octovianty Rinty Universitas Kristen Tentena
  • Delfince Tjenemundan Universitas Kristen Tentena
  • Viskarita F.M Ambotuo

DOI:

https://doi.org/10.32529/jbb.v3i1.3264

Kata Kunci:

GKST 3 Tentena, Hasil belajar, Video pembelajaran

Abstrak

Abstrak: Proses pembelajaran mewajibkan setiap guru dalam menciptakan keadaan ruang belajar sehingga dapat bermanfaat juga menarik, yang bisa membantu agar siswa mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA Biologi siswa materi sistem pernapasan manusia sebelum dan sesudah menggunakan  media video pembelajaran di SMP GKST 3 Tentena. Penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas VIII X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengambil hasil pre-test dan pos-test siswa. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan teknik uji-t dengan menjelaskan dan menggambarkan data yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di SMP GKST 3 Tentena dalam menggunakan media video pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata pre-test (22.61) dan nilai rata-rata post-test (48.93). Hubungan nilai kedua hasil tersebut berkorelasi sedang yaitu koefisien korelasi sebesar 0.5060.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Habibu, A., Haruna, M. F., Nurlia, N., & Samaduri, A. (2022). Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Negeri 4 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 1(2); 41-48

Hamalik, Oemar. 2013. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hardianti. & Asri, W. K. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.2

Haruna, M. F., Nurlia, N., & Astuti, S. (2021). Korelasi Pengetahuan Materi Virus Dengan Perilaku Siswa SMA Mencegah Penularan Virus Corona Di Kabupaten Banggai. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 38-44.

Haruna, M. F., Nurlia, N., Laruba, S., & Kenta, A. M. (2022). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Proses Pembelajaran Online Dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. JBB?: Jurnal Biologi Babasal, 1(1), 13–19.

Haruna, M. F., & Haluti, A. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama: Purwokerto

Ilmi, dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery terhadap keterampilan Proses Sains Siswa kelas X SMAN 1 Teras Boyolali. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 4, No 2.

Kustandi, Cecep. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sarianti, Haruna, M. F., & Nurlia, N. (2022). Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Saraf di SMA Negeri 2 Pulau Taliabu. JBB: Jurnal Biologi Babasal, 1 (2): 1-8.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umiarso. 2011. Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat dan Timur. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Rinty, U. T. O., Tjenemundan, D., & Ambotuo, V. F. (2024). Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP GKST 3 Tentena. Jurnal Biologi Babasal, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.32529/jbb.v3i1.3264

Terbitan

Bagian

Articles