Hubungan Motivasi Terhadap Prestasi Partisipan Didik di SMP Poso Kota Utara
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v3i1.3252Kata Kunci:
Motivasi, Prestasi, Peserta didikAbstrak
Abstrak: Studi ini bertujuan buat mengenali ikatan motivasi terhadap prestasi partisipan didik di SMP Poso Kota Utara. Riset dilaksanakan di SMP Negara 2 Poso, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso dengan mengambil 105 siswa selaku objek ilustrasi bersumber pada teori penentuan jumlah ilustrasi Isaac serta Michael dengan tingkatan kesalahan 5% dari total populasi ialah 147 siswa. Tata cara riset yang digunakan dalam riset ini ialah riset kuantitatif. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah dengan tata cara angket ataupun kuesioner. Angket digunakan buat mendapatkan informasi motivasi belajar mempengaruhi terhadap hasil prestasi belajar partisipan didik. Analisis informasi menampilkan jika motivasi( X) memiliki ikatan yang sangat kokoh serta signifikan terhadap hasil prestasi belajar peseta didik( Y) yang diarahkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0, 895 dengan tingkatan ikatan Sangat Kokoh. Ada pula pada hasil uji hipotesis sudah dihasilkan diperoleh Sig( 0, 00); alpha( 0, 005), hingga ada ikatan yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi partisipan didik di SMP Poso Kota Utara
Referensi
Anggo, S., Nurlia, N., Marjuno, S. A., & Laita, A. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Sma Negeri 1 Luwuk. JBB; Jurnal Biologi Babasal, 2(2); 42-46
Awe, Ermelinda Yosefa, & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231.
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60.
Haruna, M. F., Nurlia, N., & Levianti, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Luwuk. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 18-26.
Indrawan, Rully & Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung : Refika Aditama
Laksono, Yustinus Setio, Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64.
Kenta, A. M., Rosmina, R., Haruna, M. F., & Maliki, S. P. (2022). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Pergaulan Bebas di SMK Negeri 1 Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).
Lin, W. R., Lin, C. Y., & Ding, Y. H. (2020). Factors affecting the behavioral intention to adopt mobile payment: An empirical study in Taiwan. Mathematics, 8(10), 1–19.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November.
Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. Edu Sociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 60-68
Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Journal of Elementary Education, 3(2).
Sarianti, S., Haruna, M. F., & Nurlia, N. (2022). Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem saraf di SMA Negeri 2 Pulau Taliabu. JBB; Jurnal Biologi Babasal, 1(2), 1-8
Tamimu, S., Nurlia, N., & Kenta, A. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Pulau Taliabu. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work