Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan Negara-negara Maju Sebagai Komparasi Kemajuan Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v3i1.3227Kata Kunci:
Perbandingan Pendidikan, Input Pendidikan, Proses Pendidikan, Output Pendidikan, Sistem Pendidikan, Pengembangan Pendidikan, Kualitas PendidikanAbstrak
Artikel ini mengulas perbandingan treatment pendidikan dari beberapa negara berkembang melalui analisis aspek input, proses, dan output pendidikan. Studi ini menggunakan metode komparatif untuk membandingkan kebijakan dan praktik pendidikan di negara-negara maju. Penelitian ini bersifat konseptual dengan mengumpilkan data dari berbagai sumber, termasuk laporan pemerintah, penelitian akademis, dan literatur terkait seperti; buku, internet, dan jurnal. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk memahami perbedaan sistem pendidikan, kualitas pendidikan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi output pendidikan. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam dalam konstruksi pengembangan sistem pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada pengaruh terhadap output pendidikan. Pendidikan merupakan domain yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, yang menghasilkan perbedaan dalam hasil dan kualitas pendidikan antar negara. Hasil analisis menunjukkan adanya variasi yang signifikan dalam kebijakan pendidikan, kurikulum, metode pengajaran, dan sumber daya pendidikan di Negara-negara yang dibandingkan. Penelitian ini mendorong untuk mempelajari sistem dan implementasi pendidikan di institusi atau negara lain, dengan tujuan menyerap informasi positif guna memperbaiki dan meningkatkan pendidikan di Indonesia. Dengan memperhatikan hasil analisis, artikel ini menyajikan kontribusi penting dalam pemikiran dan pembaharuan pendidikan di Indonesia, dengan menyoroti area-area yang perlu diperbaiki dan model-model yang dapat diadopsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Referensi
Gustina, S. S., Alyusfitri, R., Rusdinal, D., Ananda, A., & Gistituati, N. (2021). Analysis of Education System Comparison In Indonesia and The Netherlands. International Journal of Research Publications, 79(1), 64–68.
Haruna, M. F., Nurlia, & Astuti, S. (2021). Korelasi Pengetahuan Materi Virus Dengan Perilaku Siswa SMA Mencegah Penularan Virus Corona Di Kabupaten Banggai. Jurnal Pendidikan Glasser. 5 (1), 38-44
Haruna, M. F., Nurlia, N., Laruba, S., & Kenta, A. M. (2022). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Proses Pembelajaran Online Dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 1(1), 13-19
Isri, S. (2015). Konsep Pendidikan Jerman dan Australia; Kajian Komparatif dan Aplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 25.
Kenta, A. M., Rosmina, R., Haruna, M. F., & Maliki, S. P. (2022). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Pergaulan Bebas di SMK Negeri 1 Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).
Kumi, A. M., & Seidu, A. A. (2017). Educational Research and Reviews Comparative review of selected educational policies of 1st and 2nd cycle institutions in Ghana and Burkina Faso, and that of United Kingdom and United States. Educational Research and Reviews, 12(7), 415–424.
Marmoah, S., Roslan, R., Chaeroh, M., Elita, M. D., & Muna. (2021). The Comparison of Education System in Australia and Indonesia. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 784–796.
Pearson. (2014). The Learning Curve 2014 Report Developed by The Economist Intelligence Unit. In Published by Pearson (pp. 1–28). Published by Pearson.
Putra, A. (2017). Mengkaji dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). Perbandingan Kurikulum, 1(1), 21.
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Results What School Life Means For Students’ Lives. In OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume III): What School Life Means for Students’ Lives, PISA, OECD Publishing, Paris.
Schwab, K., & Forum, W. E. (2018). The Global Competitiveness Report 2018. In World Economic Forum (pp. 1–671).
Sunarti, V., Hafizah, H., Rusdinal, R., Ananda, A., & Gistituati, N. (2022). Comparison of Indonesian and Finnish Education Curriculum. Journal of Social, Humanity, and Education, 2(2), 141–152.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work