Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Sma Negeri 1 Luwuk

Penulis

  • Sulasmi Anggo Universitas muhammadiyah Luwuk
  • Nurlia Nurlia Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Siti Aisyah Marjuno Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Adeirma Laita Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/jbb.v2i2.2922

Kata Kunci:

Luwuk, Motivasi Belajar, Pembelajaran Biologi

Abstrak

Motivasi adalah keadaan psikologis yang berasal dari dalam diri seseorang mendorong untuk memunculkan perasaan senang serta kemauan yang kuat untuk melaksanakan suatu tindakan dalam meraih tujuan. Motivasi belajar siswa adalah dorongan yang menjadi dasar bagi siswa untuk ingin belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh baik yang timbul dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan membagikan angket kepada 215 responden yang diambil secara acak dari 562 populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0,93% siswa tergolong motivasi sangat rendah, 14,90% siswa tergolong motivasi rendah, 61,40% siswa tergolong motivasi tinggi dan 22,80% siswa tergolong motivasi sangat tinggi. Sehingga pada umumnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Luwuk berada pada kategori sangat tinggi.

Biografi Penulis

Sulasmi Anggo, Universitas muhammadiyah Luwuk

Prodi Pendidikan Biologi

Nurlia Nurlia, Universitas Muhammadiyah Luwuk

Prodi Pendidikan Biologi

Adeirma Laita, Universitas Muhammadiyah Luwuk

prodi pendidikan biologi

Referensi

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu. Vol 2 (2), 11–21.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 5 (2), 168-181.

Djarwo, F.C. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. Vol 7 (1), 1-7.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 (2), 93-196.

Haruna, M. F., & Haluti, A. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Haruna, M. F., Nurlia, N., & Levianti, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Luwuk. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 18-26.

Kenta, A. M. (2016). Hubungan Antara Pendidikan Karakter dan Pengetahuan Tentang Seks Bebas dan Penyakit Menular Seksual dengan Perilaku Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja. Jurnal Pascasarjana, 1(01).

Kenta, A. M. (2017). Persepsi Ibu Rumah Tangga terhadap Penggunaan Alat Kontrasepsi dalam Rahim Berdasarkanpendidikan dan Usia di Desa Taugi Kecamatan Masama Kabupaten Banggai. Jurnal Pendidikan Glasser, 1(1).

Kenta, A. M., Rosmina, R., Haruna, M. F., & Maliki, S. P. (2022). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Pergaulan Bebas di SMK Negeri 1 Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).

Lama'u, S., Nurlia, N., & Anggo, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Aktivitas Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Negeri 1 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 (1), 549.

Mustami, K.M., Suyuti, M., & Maryam, (2017). Validitas, kepraktisan dan effektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi spiritual Islam. Jurnal Al Qalam. Vol 23 (1), 71.

Nurlia, N. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 2(1).

Nurlia, N., & Anggo, S. (2020). Hubungan Kecerdasan naturalistik dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa SMA di Kota Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 97-106.

Putra, D.E., & Utari, D. (2021) Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama. Vol 13 (2), 491-502.

Samaduri, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 109-120.

Sarianti, S., Haruna, M. F., & Nurlia, N. (2022). Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem saraf di SMA Negeri 2 Pulau Taliabu. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).

Saptono & Sigit. (2011). Strategi Pembelajaran Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Siti, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. Vol 3 (1), 73-82.

Tamimu, S., Nurlia, N., & Kenta, A. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Pulau Taliabu. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Anggo, S., Nurlia, N., Marjuno, S. A., & Laita, A. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Sma Negeri 1 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.32529/jbb.v2i2.2922

Terbitan

Bagian

Articles