Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Luwuk
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v3i1.2905Kata Kunci:
Biology Leasson, Independent Curriculum, PerceptionAbstrak
Abstrak: Kurikulum Mereka merupakan kebijakan baru yang penerapannya pada semua satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Guru dan siswa sebagai kompenen yang merasakan perubahan dari kurikulum dalam pembelajaran tentunya menimbulkan persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Luwuk, (ii) Persepsi siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 3 guru biologi dan 352 siswa kelas X SMA Negeri 1 Luwuk tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel 3 guru biologi dan 78 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel siswa menggunakan teknik penentuan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan pembagian instrumen. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) masih banyak kendala yang dihadapi guru memahami tentang kurikulum merdeka, sehingga masih sangat perlu didakan pelatihan kurikulum merdeka baik yang diakan sekolah, provinsi dan pusat. Sementara dari segi sarana dan prasarana yang terdapat di SMA Negeri 1 Luwuk sudah dapat dikatakan baik sebagai penunjang pembelajaran biologi terhadap penerapan kurikulum Merdeka, (ii) Persepsi siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran biologi yaitu baik.
Referensi
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Skripsi, 33(1), 1–12.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407.
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191.
Fahira, W. R., Lisa, F. M., Dani, P. R., Ria, N. S., & Wati, M. S. (2022). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience, 9(3), 902–909.
Haruna, M. F., Nurlia, N., Laruba, S., & Kenta, A. M. (2022). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Proses Pembelajaran Online Dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. JBB?: Jurnal Biologi Babasal, 1(1), 13–19.
Habibu, A., Haruna, M. F., Nurlia, N., & Samaduri, A. (2022). Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Negeri 4 Luwuk. JBB: Jurnal Biologi Babasal, 1(2), 41–48
Sondeng, M., Kenta, A. M., & Haruna, M. F., (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Aplikasi Learning Management System (LMS) Di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Luwuk. JBB: Jurnal Biologi Babasal, 2(2), 1–8
Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, Hanifa, R., Madalena’ Dea, K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216–224.
Pariama, Johana, H. (2023). Persepsi Siswa Kelas X SMKN 1 Surakarta Terhadap Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga, 4(01), 78–85.
Purani, N., K., C., & Putra, I., K., D., A., S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12.
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28.
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53.
Suyantri, E., Handayani, Baiq, S., & Lestari, Tri, A. (2023). Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 63–71.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.
Sugiri, Wiku Aji, & Sigit Priatmoko (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1): 53.
Suyantri, Eni, Sri Handayani, Baiq, and Ayu Lestari, Tri. 2023. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1): 63–71.
Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1): 126–36.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Biologi Babasal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work