Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 9 Pulau Taliabu
DOI:
https://doi.org/10.32529/jbb.v2i1.2141Kata Kunci:
Biology, Limited Face-to-Face Learning, Perception, Taliabu IslandAbstrak
Abstrak: Terbatasnya pembelajaran luring di masa pandemi COVID-19, tentunya mempunyai tantangan tersendiri karena adanya keterbatasan dalam menjaga protokol kesehatan masing-masing baik guru maupun siswa. Penerapan pembelajaran luring terbatas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru dan siswa dalam situasi pandemi virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) persepsi guru terhadap pembelajaran luring hanya terbatas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 9 Pulau Taliabu, (ii) persepsi guru terhadap pembelajaran luring hanya terbatas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 9 Pulau Taliabu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi dan siswa yang terdiri dari 72 orang yang terdiri dari 1 guru biologi dan 71 siswa. Jumlah sampelnya adalah 1 guru biologi dan 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan kepada guru dan pemberian angket kepada siswa. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) banyak kendala yang dihadapi guru yang berdampak pada proses pembelajaran luring terbatas menjadi tidak berjalan efektif, oleh karena itu guru memerlukan dukungan semua pihak agar proses pelaksanaan pembelajaran luring terbatas dapat terlaksana. keluar dengan benar. (ii) Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran luring terbatas pada mata pelajaran biologi sangat baik.
Referensi
Aminoto, T. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi. Vol. 8(1): 221-167.
Asih, T. P., Rintayati, P., & Adi, F. P. 2022. Analisis Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 8(1).
Budijanto, B., & Fitriana, E., Utaya, S. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1(4): 662-667.
Elfahmi, R. 2020. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Bionatural. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 7(2).
Habibu, A., Haruna, M. F., Nurlia, N., & Samaduri, A. (2022). Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Negeri 4 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).
Haruna, M. F., Nurlia, N., & Astuti, S. (2021). Korelasi Pengetahuan Materi Virus Dengan Perilaku Siswa SMA Mencegah Penularan Virus Corona Di Kabupaten Banggai. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 38-44.
Haruna, M. F., Kenta, A. M., & Herawati, H. (2022). Medicinal plants used by the community of Lipulalongo Village, Banggai Laut District, Central Sulawesi, Indonesia. Asian Journal of Ethnobiology, 5(1).
Haruna, M. F., Nurlia, N., Laruba, S., & Kenta, A. M. (2022). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Proses Pembelajaran Online Dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Luwuk. Jurnal Biologi Babasal, 1(1).
Inah, E. N. 2015. Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. Vol. 8(2): 150-167.
Karim, W. A., Haruna, M. F., Ndekano, R. S., & Lige, F. N. (2022). Etnozoologi terhadap Pemanfaatan Hewan sebagai Pengobatan Tradisional di Desa Sambulangan Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 417-425.
Kenta, A. M. (2016). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dan Pengetahuan Tentang Seks Bebas Dan Penyakit Menular Seksual Dengan Perilaku Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja. Jurnal Pascasarjana, 1(01).
Kenta, A. M., Rosmina, R., Haruna, M. F., & Maliki, S. P. (2022). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Pergaulan Bebas di SMK Negeri 1 Bokan Kepulauan Kabupaten Ba nggai Laut. Jurnal Biologi Babasal, 1(2).
Mustakim, U. S., Dewi, R., Mulyasari, A., Juanto, A., & Kamali, A. S. 2021. Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di STKIP Syekh Manshur). Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 2(2): 171-178.
Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro. Vol. 6(2): 20–35.
Shofa, M. F. 2020. Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. Buana Gender: Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 5(2): 86-96.
Syahroni, D. 2021. Inovasi Dan Kreativitas Pustakawan Terhadap Layanan Penelusuran, Penggunaan Internet dan Jurnal Online Pada Perpustakaan Iain Tulung Agung. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi. Vol. 8(1): 33-52.
Vera, N. 2020. Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde. Vol. 8(2): 165-177.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Biologi Babasal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work