KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK, VARIAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK PADA EIGER ADVENTURE STORE DI SURAKARTA

Authors

  • dhita nur fitria choirunnissa universitas islam batik surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v5i1.819

Keywords:

citra merel, varian produk, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra merek, varian produk, dan kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger Adventure Store di Surakrata. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 600 orang yang pernah membeli produk Eiger. Sampel penelitian diambil secara insidental sampling diperoleh sebanyak 90 responden dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, varian produk, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store di Surakarta dan secara parsial citra merek tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan varian produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dan untuk kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store di Surakarta. Tiga variabel independen dijelaskan bahwa keputusan pembelian sebesar 41% dan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine whether the brand image, product variants, and product quality partially and simultaneously influence purchasing decisions at Eiger Adventure Store products in Surakrata. The population in this study was 600 people who had bought Eiger products. Samples were taken by incidental sampling as many as 90 respondents with multiple linear regression method. The results showed that the variable brand image, product variant, and product quality simultaneously had a significant effect on purchasing decisions at the Eiger Adventure Store in Surakarta and partially brand image had no positive effect on purchasing decisions, while product variants partially had a positive effect on purchasing decisions. And product quality partially does not have a positive effect on purchasing decisions at the Eiger Adventure Store in Surakarta. Three independent variables which state that the purchase decision is 41% and the others can be seen by other variables.

 


References

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Performa, 3(2), 250-259.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Arjuna, H., & Ilmi, S. (2020). Effect of Brand Image, Price, and Quality of Product on The Smartphone Purchase Decision. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 294-305.

Cuong, D. T., & Khoi, B. H. (2019). The effect of brand image and perceived value on satisfaction and loyalty at convenience stores in Vietnam. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(8), 1446-1454.

Faroh, W. N., & Junaidi, D. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan Di Portal Network Six Store Cabang Depok 2018. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 111-120.

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(01).

Maindoka, l. F., tumbel, a., & rondonuwu, c. (2018). Analisis pengaruh citra merek, harga dan desain produk terhadap keputusan pembelian mobil nissan grand livina pada pt. Wahana wirawan manado. Jurnal emba: jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 6(3).

Parela, E. (2020). Pengaruh Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Centra Batik Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(1).

Priantono, t. S., & soekotjo, h. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk eiger pada mahasiswa stiesia surabaya. Jurnal ilmu dan riset manajemen (jirm), 8(4).

Purba, F. S., Sulistyarini, E., & Sadalia, I. (2018). The Influence of Product Quality on Purchase Intention Through Electronic Words of Mouth in PT. Telkomsel Medan. KnE Social Sciences.

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 457-478.

Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers' Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7, 328-337.

Salatun, S. W., & Layoo, N. (2017). Hubungan Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Outdoor di Kota Luwuk. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 1(2), 116-130.

Susanti, i. Y., tjahjono, e., & nasution, u. C. (2015). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Dinamika administrasi bisnis, 1(1).

Wahyuningsih, D. W. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Motor Yamaha N-Max di Wonogiri. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Published

2021-10-10

Issue

Section

Articles