Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-01-19. Baca versi terbaru.

Selera Konsumen Terhadap Cita Rasa Martabak Telur Kang Dedek Di Kota Luwuk

Selera Konsumen Terhadap Cita Rasa Martabak Telur Kang Dedek Di Kota Luwuk

Penulis

  • Ratmi Rosilawati
  • Citra Romi Kotesa
  • Dwi Wijayanti

DOI:

https://doi.org/10.32529/ja.v3i2.3794

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor rasa,tampilan,aroma dan tekstur terhadap kuliner martabak telur Kang Dedek di Kota Luwuk. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Luwuk Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang bertepatan di Kelurahan Kompo,waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu bulan Juni - Agustus 2024. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pembeli kuliner martabak telur Kang Dedek. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan yaitu berjumlah 30 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yakni menggambarkan tentang seluruh respon selera konsumen mengenai rasa,tampilan,aroma dan tekstur kuliner martabak telur milik kang Dedek di kota Luwuk. Hasil penelitian adalah faktor rasa terdapat 60% kategori sangat suka,36% kategori  suka dan 4% kategori kurang suka. Faktor tampilan terdapat 47% kategori sangat suka dan 53% kategori suka. Faktor aroma terdapat 77% kategori sangat suka dan 23% kategori suka. Faktor tekstur terdapat 74% kaegori sangat suka dan 26% kategori suka.

Diterbitkan

2025-01-11 — Diperbaharui pada 2025-01-19

Versi

Terbitan

Bagian

Articles