Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-01-11. Baca versi terbaru.

The Strategy for Developing Oyster Mushroom Business In Beringin Jaya Village, Simpang Raya District

Strategy for Developing Oyster Mushroom Business In Beringin Jaya Village, Simpang Raya District

Penulis

  • Dewi Ambarwati
  • Wahyudi Hasan
  • Pardin Lasaksi
  • Mustafa Abd Rahim

DOI:

https://doi.org/10.32529/ja.v3i2.3793

Abstrak

Jamur Tiram putih (Pleurotus Ostreatus) merupakan makanan yang kini populer dikalangan masyarakat karena produk olahannya yang semakin variatif dan tentu memiliki kandungan gizi yang tinggi non kolestrol, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha jamur Tiram melalui analisis SWOT di Desa Beringin Jaya Kecamatan Simpang Raya. Teori-teori yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari jamur Tiram, cara pembuatan jamur Tiram, faktor-faktor yang mempengaruhi usaha jamur Tiram, strategi usaha, analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha jamur Tiram milik bapak Mujiono, sampel di ambil dengan metode sensus, dimana populasi dijadikan sampel. Tekhnik pengumpulan data di peroleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Kemudia analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti diketahui dengan total skor dari hasil matriks IFAS yaitu 1,94. Sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFAS yaitu 2,24. Berdasarkan hasil matriks IFAS dan EFAS usaha jamur Tiram berada pada kuadran I yang artinya mendukung strategi agresif atau pertumbuhan, usaha jamur Tiram memiliki kekuatan dan peluang yang cukup kuat sehingga cocok menggunakan strategi SO (Strength-Opportunity).

Diterbitkan

2025-01-11

Versi

Terbitan

Bagian

Articles