The Marketing System of Crystal Guava in Saiti Village, Nuhon District, Banggai Regency (case study of Mitra Buah Saiti Village)

Marketing System of Crystal Guava in Saiti Village, Nuhon District, Banggai Regency (case study of Mitra Buah Saiti Village)

Penulis

  • Sulastri
  • Dwi Wijayanti
  • Wahyudi Hasan
  • Iwan Sudarmaji

DOI:

https://doi.org/10.32529/ja.v3i2.3792

Abstrak

Harga buah jambu krisal yang stabil memiliki dampak langsung terhadap tingkat efisiensi pemasaran. Desa Saiti sebagai sentra Buah Jambu Kristal Di Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai perlu ditelaah efisien atau tidak saluran pemasaran yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : saluran pada sistem pemasaran,  nilai marjin pemasaran,  nilai farmer’s share, Tingkat efisiensi. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sejumlah 4 responden dilakukan wawancara untuk mendapatkan data yang factual. Dari penelitian menunjukkan bahwa, terdapat II tipe saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I melibatkan petani-konsumen akhir dan saluran II melibatkan petani-pedagang kecil-konsumen akhir. Saluran I dengan marjin pemasaran Rp.0/kg dan saluran II dengan marjin Rp.20.000/kg. saluran I nilai farmer’s share 100% merupakan nilai farmer’s share terbesar. Saluran II merupakan yang paling efisien dengan nilai 23,98%.

Diterbitkan

2025-01-11 — Diperbaharui pada 2025-01-19

Versi

Terbitan

Bagian

Articles