Bauran Pemasaran Usahatani Kacang Tanah Di Desa Bolubung Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan

Penulis

  • Nadia Yonde
  • Ratmi Rosilawati Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Iwan Sudarmaji Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/ja.v3i1.3473

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bauran pemasaran usahatani kacang tanah ditinjau dari konsep produk, ditinjau dari konsep harga. konsep promosi, konsep tempat/distribusi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bolubung Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kusioner dan wawancara kepada responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang ditawarkan adalah kacang tanah, hasil produksi mengalami penurunan dari pada sebelumnya. Harga jual yang ditawarakan oleh petani sesuai dengan jenis dan tempat penjualannya, untuk penjualan di Pasar harga kacang tanah merah Rp 22.000 per liter dan kacang tanah putih dijual dengan harga Rp 25.000 per liter, untuk pembelian langsung di Desa Bolubung petani menjual kacang tanah merah dengan harga Rp 20.000 per liter dan keer Rp 15.000 per liter, kacang tanah putih Rp 23.000 per liter dan keer Rp 18.000 per liter, sedangkan untuk penjualan di Luwuk, kacang tanah merah dijual Rp 18.000 – 19.500 per liter dan kacang tanah putih dijual dengan harga Rp 21.000 perliter. sistem atau cara promosi produk kacang tanah dilakukan secara sederhana tanpa menggunakan sosial media maupun brosur, tempat penjualan kacang tanah langsung dijual keluwuk dan pasar-pasar tertentu.  

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kacang Tanah

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-24

Terbitan

Bagian

Cover Issue