KETERLIBATAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PJOK SMA NEGERI 1 LUWUK DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32529/bsej.v3i1.2217Kata Kunci:
Hasil belajar, peranan orang tua.Abstrak
Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran: keterlibatan orang tua dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Luwuk dimasa pandemi COVID-19, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode Ekplanatori Research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik: kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi (regression analysis). Berdasarkan uji normalitas data dapat diketahui bahwa diperoleh hasil analisis statistik deskriptif keterlibatan orang tua dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Luwuk. Diperoleh nilai nilai  yaitu 11,728 dan nilai  dengan rumus df (20) taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai  = 1ri penelitian ini adalah ,725 maka nilai 11,728 > 1,725. Artinya, keterlibatan orang tua sangat berhubungan pada hasil belajar peserta didik. Orang tua menjadi salah satu faktor akan keberhasilan anak dalam pendidikan maka darinya diharapkan orang tua dapat berperan aktif apalagi disaat pandemi seperti ini.Referensi
Aimang, H. A. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kilongan Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Ilmiah Mutiarah Muhammadiyah.
Husein, U. (1999) Metode Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia.
Sugiyono dan Sutanto, A. (2013) Cara mudah belajar SPSS dan Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta.
Zulifah, N. (2011) Hubungan Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skiripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.