Archives

  • Vol. 1 No. 2 (2023)

    Penelitian ini dilaksanakan disekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Toili Kabupaten Banggai yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Peran Komunikasi Orang Tua terhadap Perilaku Siswa disekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Toili Kabupaten Banggai. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket / kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 toili yang berjumlah 331 orang. Mengingat besarnya jumlah siswa-siswi disekolah SMA Negeri 1 Toili maka penulis menggunakan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 39 responden, metode pembobotan yang digunakan adalah skala Likert sedangkan penulis menggunakan metode Analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul baik itu data primer maupun data skunder. Didalam Definisi Operasional penulis menentukan bahwa Peran Komunikasi Orang Tua sebesar 80,25% dan Perilaku siswa sebesar 86,28%. Hasil penelitian tentang Peran Komunikasi Orang Tua terhadap perilaku siswa disekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Toili Kabupaten Banggai dapat disimpulkan sangat baik yakni 83,26 %.