STRATEGI PROGRAM STREAMING PADA RADIO BLASMAONE LUWUK KELURAHAN KARATON MELALUI KONTEN DIGITAL

Authors

  • Rangga Mandala Putra Djalamang
  • Zilan Zelila Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Falimu Falimu

DOI:

https://doi.org/10.32529/1.v1i2.2738

Keywords:

Strategi, Program Streaming, Radio, Konten Digital

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Radio Blasmaone FM Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai dengan tujuan penelitian bagaimana strategi program streaming pada Radio Blasmaone melalui konten digital dengan waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan. Untuk mengumpulkan data digunakan Observasi, kuesionare dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pendengar streaming radio blasmaone dengan jumlah populasi sebanyak 4003 orang. Sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 98 orang. metode analisis yang akan dilakukan berdasarkan statistik deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul dalam bentuk tabulasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Radio Blasmaone menggunakan streaming melalui Konten Digital. Penyiaran digital dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi modern saat ini agar radio dapat berinovasi, menghindari ketinggalan zaman, dan meningkatkan siaran streaming, mempertahankan pendengar dengan menyediakan program radio dan konten streaming terbaru secara teknologi.

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 16.

Blumberg, M., & Pringle, C. D. (1982). The missing opportunity in organizational research: Some implications for a theory of work performance. Academy of Management Review, 7(4), 560–569.

Cartwright, C.A., Cartwright, G. P. (1984). Developing Observation Skills (Second Edition).

dalam Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Fachruddin, A. (2017). Dasar-dasar produksi televisi: Produksi berita, feature, laporan investigasi, dokumenter dan teknik editing. Kencana.

Handi Irawan, D. (2003). Indonesian customer satisfaction: Membedah strategi kepuasan pelanggan merek pemenang ICSA. Elex Media Komputindo.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Salemba Humanika.

Kominfo, R. I. (2015). Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.

Lubis, M. (2016). Radio masih memiliki tempat di hati pendengarnya. Retrieved Maret, 22, 2017.

MAULIDAR, N. I. M. (2013). Strategi pemrograman Radio FAS 103, 7 FM untuk menarik minat pendengar (studi kasus komplek perumahan ADB 1 Alue Peunyareng, Aceh Barat). Universitas Teuku Umar Meulaboh.

McLuhan, M. (2001). Understanding Media London: Routledge.

Moleong, L. (2015). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi).

Pringle, P., & Starr, M. F. (2013). Electronic Media Management, Revised. Taylor & Francis.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26–33.

Sugiyono, N. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta) Go to reference in article.

Usman Husaini. (2017). Metodologi. PenelitianSosial.

Wahyudi, A. S. (1996). Manajemen Strategi Jakarta: Binarupa Aksara.

Wimmer, R. D., dan Dominick, J. R. (2000). Mass Media Research: An. Introduction; Sixth Edition.

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles