EFEKTIFITAS HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PT ADIRA FINANCE TERHADAP PELAYANAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.32529/1.v1i2.2719Keywords:
Efektifitas, Humas, Pelayanan, KonsumenAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui seberapa baik hubungan masyarakat PT Adira Finance dalam mempengaruhi layanan konsumen sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Untuk membahas dampak hubungan masyarakat terhadap layanan konsumen, termasuk fungsi hubungan masyarakat sebagai pemecah masalah, dan fasilitator komunikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat dalam mempromosikan penjualan kendaraan melalui media online dan keterlibatan langsung dengan konsumen, menurut bagian hubungan masyarakat PT Adira Finance. Public Relations membantu dalam menemukan solusi untuk masalah terkait PR saat melakukan kewajibannya. Selain itu, mereka melakukan tugas bertindak sebagai fasilitator komunikasi, membantu manajemen mempelajari apa yang diinginkan masyarakat umum. Di sisi lain, mereka mengambil peran pemecah masalah dengan membantu para pemimpin mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah secara profesional dan rasional. Mereka juga berfungsi sebagai spesialis komunikasi dengan membantu PR dalam menjalin hubungan yang solid dengan lembaga terkait dan media.
Â
References
Albar, A. H., & Baktiono, A. (2018). Price Relationship Analysis, Promotion And Service Quality To Improve Customer Loyalty In Cloting Hardware At Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Ekonomi, 19(1), 15–23.
Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
Canfield, B. R. (2009). Public Relations: Principles and Problems.
DARMAWAN, D. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN METROLINK STREET MARKET DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG.
Dozier, D. M. (2013). The organizational roles of communications and public relations practitioners. Excellence in Public Relations and Communication Management, 327–355.
Effendy, O. U. (2019). Hubungan Masyarakat Suatu Studi. Komunikasi.
Franks Jefkins. (2004). Public Relations.
Harlow, R. (1978). A model for public relations education for profesional practic. International Public Relations Association.
Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2000). Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Lukman, S. (2000). Manajemen kualitas pelayanan. Jakarta: Stia Lan Press.
Marston, J. E. (1979). Modern public relations. McGraw-Hill Companies.
Miles & Huberman, A. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.
Moenir, A. S. (2008). Manajemen pelayanan umum di Indonesia.
Nova, F. (2011). Crisis Public Relations.
Pasolong, H. (2014). Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabet. Prawirosentono, Suyadi Dan Dewi Primasari.
Rachmadi, F. (1992). Public relations dalam teori dan praktek: aplikasi dalam badan usaha swasta dan lembaga pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.
Ralph Curier dan Allan C. Filley. (1973). “Principle of Management.â€
Ruslan, R. (1998). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (konsep dan Aplikasi) PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suhendra, J. M. (2020). Strategi Humas Pr Indonesia Melalui Event Pria 2020 Awards. Universitas Komputer Indonesia.
Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.
Yulianita, N. (2002). Pengaruh kepemimpinan manajer public relations terhadap kualitas manajemen public relations dan korelasinya dengan efektivitas sistem komunikasi perusahaan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 3(2), 221–240.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Babasal Communication Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.