STRATEGI KOMUNIKASI KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN (KUPP) KELAS II LUWUK DALAM PEMINDAHAN KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS
Kata Kunci:
Communication strategy, Policy, KUPPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komuikasi Kantor Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Luwuk dalam pemindahan kegiatan bongkar muat peti kemas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposif sampling menurut posisi jabatan serta kedudukan kerja pada KUPP Kelas II Luwuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi KUPP Kelas II Luwuk dalam Pemindahan Kegiatan Bongkar Muat Peti Kemas melalui pendekatan persuasive yakni bertemu secara langsung dengan para buruh yang tegabung dalam Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Luwuk, menggunakan media cetak, seperti Banner, Baliho, selebaran dan sosial media platform Facebook, Instagram, tiktok.
Â
This study aims to describe the communication strategy of the Luwuk Class II Port Operator Office (KUPP) in transferring container loading and unloading activities. The research method used is qualitative descriptive with a case study approach. Data were obtained through observation, interviews and documentation. The determination of informants is carried out by purposive sampling techniques according to position and work position in KUPP Class II Luwuk. The results showed that the Luwuk Class II KUPP Strategy in Transferring Container Loading and Unloading Activities through a persuasive approach, namely meeting directly with workers who are members of the Luwuk Loading and Unloading Workforce (TKBM), using print media, such as banners, billboards, leaflets and social media platforms Facebook, Instagram, TikTok.
Referensi
Ardyansyah, D. (2010). Kebijakan Publik sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(3), 78–91.
Hafied Changara. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi.
Iskandar, D. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai. PERSEPSI: Communication Journal, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.30596/persepsi.v
Ardyansyah, D. (2010). Kebijakan Publik sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(3), 78–91.
Hafied Changara. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi.
Iskandar, D. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai. PERSEPSI: Communication Journal, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.30596/persepsi.v
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65
Lubis, F. H., Pahlevi Hidayat, F., & Hardiyanto, S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi PK IMM FISIP UMSU Dalam Melaksanakan Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 2021, 1.
Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Pendayagunaan, M. (2011). PERMENPAN NOMOR 28 TAHUN 2011 (1).pdf.
Pranawukir, I. (2021). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Adaptifitas Sumberdaya Manusia Dan Keunggulan Kompetitif Lembaga. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 247–259. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1635
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan research and development. Alfabeta.
Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan Strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Jurnal Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, XVIII(1), 53–61. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/428
Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.