STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN TRADISIONAL ONYOP DI MASA PANDEMI

(Studi Kasus Wisata Pemandian Sandakan Desa Biak Kecamatan Luwuk Utara)

Authors

  • Ken Amasita Saadjad Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Nurul Muhlisa Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Haminun Dg Matorang Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Marketing Communication Strategy, Onyop Traditional Food, Increased Sales, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di wisata permandian Sandakan Desa Biak Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran makanan tradisional onyop dimasa pandemi. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode penelitian purposive sampling. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha dan karyawan makanan tradisional onyop yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan makanan tradisional onyop dimasa pandemi di wisata permandian Sandakan Desa Biak menunjukan Baik yaitu dengan persentase mencapai rata – rata yang berjumlah 76%.

This research was carried out at the Sandakan bathing tourist attraction, Biak Village, North Luwuk District, Banggai Regency, with the aim of finding out marketing communication strategies for traditional onyop food during the pandemic. To collect data the author used a purposive sampling research method. Type of qualitative research with a descriptive approach. The data sources used in this research are primary data and secondary data. The population in this study were all business owners and employees of traditional Onyop food, totaling 24 people. The research results showed that the marketing communication strategy in increasing sales of traditional onyop food during the pandemic at the Sandakan bathing tourism in Biak Village showed good results, namely with an average percentage of 76%.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles