EFEKTIFITAS KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 PAGIMANA DI DESA BAHINGIN KECAMATAN LOBU KABUPATEN BANGGAI
Keywords:
Effectivity, communication, motivation, learn, teacher, studentAbstract
Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Kabupaten Banggai
dengan waktu penelitian selama 6 (enam) bulan dari Bulan April sampai
dengan Bulan September 2023. Adapun Tujuan dari penelitian ini yakni,
untuk Mengetahui Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Pagimana Di
Desa Bahingin Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Pada Pengumpulan
Data menggunkan metode penelitian observasi, kuesioner serta
dokumentasi. Tipe pada penelitian ini bersifat deskriptif kuntitatif dengan
jenis data yang dibutuhkan dalam yakni data primer dan data sekunder.
Sedangkan populasi pada penelitian ini yakni seluruh Siswa kelas 8 dan 9
di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Pagimana berjumlah yakni
30 orang/Jiwa. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan dengan
sampel jenuh adalah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan
sampel. Maka jumlah sampel yakni 30 responden. Pada penelitian ini
metode analisis yang digunakan melalui teknik analisis data deskriptif
kuantitatif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang
telah terkumpul dalam bentuk tabulasi yang akan ditentukan dengan cara
mempersentasekan dengan menggunakan rumus, kemudian akan
dijelaskan berdasarkan asumsi logika dan asumsi teori, yang metode
pembobotan menggunakan rumus Skala Likert. Dari hasil penelitian
mengenai Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pagimana di Desa Bahingin
Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai terlaksana dengan baik. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa persentasenya mencapai 72,91% dengan
interpretasinya dinyatakan Baik.
Â
This research will be carried out in Banggai Regency Village with a
research period of 6 (six) months from April to September 2023.
The aim of this research is to determine the effectiveness of teacher
communication on the learning motivation of students at the 6
Pagimana State Junior High School (SMP) in Bahingin Village, Lobu
District, Banggai Regency. Data collection uses observation research
methods, questionnaires and documentation. The type of this research
is quantitative descriptive with the types of data required, namely
primary data and secondary data. Meanwhile, the population in this
study was all students in grades 8 and 9 at the Pagimana 6 State Junior
High School (SMP), totaling 30 people/person. The sampling method
used with saturated samples is a census, where all members of the
population are sampled. So the number of samples is 30 respondents.
In this research, the analytical method used is through quantitative
descriptive data analysis techniques by describing or illustrating the
data that has been collected in tabulated form which will beÂ
determined by percentage using a formula, then it will be explained
based on logical assumptions and theoretical assumptions, the
weighting method uses a formula. Likert Scale. From the results of
research regarding the Effectiveness of Teacher Communication on
Students' Learning Motivation at the 6 Pagimana State Junior High
School in Bahingin Village, Lobu District, Banggai Regency, it was
carried out well. So it can be concluded that the percentage reached
72.91% with the interpretation stated as Good.
References
Agung Widhi Kurniawan, Zarah
Puspitaningtyas. Metode
Penelitian Kuantitatif. Pertama.
Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.
Azeharie, Suzy, dan Nurul Khotimah.
“The Patterns of Interpersonal
Communication between
Teachers and Students in
Children Daycare ‘Melati’ in
Bengkulu.†Jurnal Pekommas 18,
no. 3 (2015): 213–24.
Dyatmika, Teddy. Ilmu Komunikasi.
Diedit oleh Syamsul Bakhri. 1 ed.
Yogyakarta: ZAHIR
PUBLISIHING, 2021.
Hidayatul Munawaroh, Fika Imam
Hanafi, M., Ulul Ilmiah Wardatul
Janah, Asmelda, Dwianti S,
Badiatun Niswa, Mufidah Imroatul,
Sari hinta Ardita, et al.
Manajemen Kelas. Diedit oleh
Moon Lita Ariyanti. Blitar:
Scopindo Media Pustaka, n.d.
K.Y.S. Putri, Wanda Hanifah.
“Efektivitas Komunikasi Google
Classroom Sebagai Media
Pembelajaran Jarak Jauh Pada
Mahasiswa Ilmu Komunikai
Universitas Negeri Jakarta
Angkatan 2018.†MEDIALOG:
Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2
(2020): 24–35.
https://doi.org/10.35326/medialog.
v3i2.639.
Kurniawan, Andri, Fitria Khasanah,
Dawami, Sahib Saleh, Bilferi
Hutapea, Mas’ud Muhammadiah,
Syarifah Gustiawati Mukri,
Windayani, Arief Yanto Rukmana,
dan Muhammad Yusuf. TEORI
KOMUNIKASI PEMBELAJARAN.
Diedit oleh Ari Yanto dan Free
Dirga Dwatra. Pertama. Padang
Sumatera Barat: PT Global
Eksekutif Teknologi, n.d.
www.globaleksekutifteknologi.co.i
d.
Nisa, Khairun, dan Sujarwo Sujarwo.
“Efektivitas Komunikasi Guru
terhadap Motivasi Belajar Anak
Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini 5, no.
(2021): 229–40.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i
534.
Nofrion. Komunikasi Pendidikan:
Penerapan Teori dan Konsep
Komunikasi dalam Pembelajaran.
Diedit oleh Nofrion. Pertama.
Jakarta: PRENADAMEDIA
GROUP Kencana, 2018.
Raco, J.R. Metode penelitian kualitatif:
jenis, karakteristik dan
keunggulannya. Diedit oleh Arita L
J.B. Soedarmanta. Pertama.
Jakarta: PT Grasindo, Anggota
IKAPI, 2010.
https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru
Profesional. Diedit oleh Sudirman
Anwar. Cetakan Pe. Riau: PT.
Indragiri Dot Com, n.d.
Sobur Setiaman, Skep, NS, MM (K3L).
Merancang Kuesioner Untuk
Penelitian, 2020.
Sugiyono. Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta,
———
. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Diedit oleh
Sugiyono. Ke 19. Bandung:
ALFABETA, CV, 2013.
www.cvalfabeta.com.
Sugiyono, D. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: PT Alfabet, 2014.
Surokim, Yuliana Rakhmawati, Catur
Suratnoaji, Muhtar Wahyudi,
Tatag Handaka, Bani Eka
Dartiningsih, Dinara Maya
Julijanti, et al. Buku Riset
Komunikasi: Strategi praktis bagi
peneliti pemula, 2016.
http://komunikasi.trunojoyo.ac.id/w
p-content/uploads/2016/01/BUKU-
RISET-KOMUNIKASI-JADI.pdf.
Suwanto. Budaya Kerja Guru. Diedit
oleh Suwanto. Pertama.
Jogjakarta: CV. GRE
PUBLISHING, 2019.