STRATEGI PERIKLANAN WEDDING FOTOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID19 (Studi Kasus FrameHouse Production Kelurahan Maahas Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai )

Authors

  • Yuniar Aprilia Salawali Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Ken Amasita Saadjad Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Strategy, Advertising, Wedding Photography, Covid19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Periklanan yang

digunakan oleh FrameHouse Production Di Kelurahan Maahas

Kecamatan Luwuk selatan kabupaten Banggai dimasa pandemi covid 19.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian kuantitatif

dengan penjelasan secara deskriptif sedangkan untuk mengumpulkan data

dilakukan melalui penelitian lapangan dengan cara observasi

(pengamatan), serta mengedarkan daftar pernyataan (kuisoner) dan

dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa

data primer dan data sekunder. Adapun populasi dalam penelitian ini

adalah seluruh anggota dari FrameHouse Production yang berjumlah 5

orang. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini

menggunakan metode sampling jenuh yang juga dikenal sebagai metode

sensus. Dimana penarikan sampel jenuh memiliki ciri yaitu menjadikan

semua populasi menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa

Strategi Periklanan Wedding Fotografi Pada Masa Pandemi Studi Kasus

Pada FrameHouse Production menunjukan Baik yaitu dengan persentase

mencapai rata-rata yang berjumlah 78,5%.

This research aims to find out the advertising strategy used by

FrameHouse Production in Maahas Village, South Luwuk District,

Banggai Regency during the Covid-19 pandemic. In this research, the

author used a quantitative research type with descriptive explanations,

while collecting data was carried out through field research using

observation. ), as well as circulating a list of statements (questionnaires)

and documentation. The data sources used in this research are primary

data and secondary data. The population in this research is all members of

FrameHouse Production, totaling 5 people. The sampling technique in this

research uses the saturated sampling method which is also known as the

census method. Where saturated sampling has the characteristic of making

the entire population into a sample. The research results show that the

Advertising Strategy for Wedding Photography During the Pandemic Case

Study at FrameHouse Production shows good results, namely with an

average percentage of 78.5%.

Author Biographies

Yuniar Aprilia Salawali, Universitas Muhammadiyah Luwuk

Ilmu Komunikasi

Ken Amasita Saadjad, Universitas Muhammadiyah Luwuk

Ilmu Komunikasi

References

Bull, Stephen. 2010.Photography.

Oxon: Routledge.

Burhan,Bungin. (2008). Metode

Penelitian Kuantitatif. Jakarta:

Kencana.

Effendy, Onong Uchjana, Dinamika

Komunikasi. Cet.VII;

Bandung; Rosdakarya, 2008

Jefkins, Frank (1997). Periklanan.

Edisi ketiga. (alih bahasa :

Haris Munandar,editor,

Singgih Agung, Yati

Sumiharti). Jakarta : Erlangga.

Lee, Monle dan Carla Johnson,

Prinsip-Prinsip Pokok

Periklanan Dalam Perspektif

Global, Jakarta: Fajar

Interpretama Offset, 2007

Moleong, Lexy J. 2009. Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Pujiyanto, 2001, Periklanan, Malang:

Universitas Negeri Malang.

Restaty, Niken, Modul Pengantar

Periklanan(Jakarta: Fakultas

Ilmu Komunikasi, Universitas

Mercu Buana, 2010

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

FX. Dhian Ellyco Ch. 2012. Strategi

Komunikasi Pemasaran

Fotografi (Studi Pada Rinto

Sujarwo Photography).

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu

Politik. Universitas Kristen

Satya Wacana Salatiga :

Salatiga

Hafrijal. 2017. Foto PreWedding

(Analisis Strategi Publikasi

Komunitas Fotographer Banda

Aceh Terhadap Calon Klien).

Fakultas Dakwah Dan

Komunikasi. Universitas Islam

Negeri ArRaniry : Banda Aceh

Prayogo Anjasmoro. 2019. Strategi

Periklanan Dalam

Mempromosikan Sistem

Crowdfunding Kolase.Com.

Skripsi. Fakultas Ilmu

Komunikasi. Universitas Prof.

DR. Moestopo (Beragama) :

Jakarta.

Sandra Dewi. 2013. Fotografi

Prewedding Dengan konsep

Permainan Tradisional.

Skripsi. Fakultas Sastra Dan

Seni Rupa. Universitas Sebelas

Maret : Surakarta

Coronavirus: Definisi, penyebaran, hingga

pencegahan

https://hellosehat.com/infeksi/i

nfeksi-virus/coronavirus-

adalah/

(Di akses pada 8 mei 2021)

Pengertian dan jenis-jenis Fotografi

https://spotblogdoth.blogspot.c

om/2013/01/pengertian-dan-

jenis-jenis-fotografi.html

(Diakses pada 8 mei 2021)

Strategi iklan : Teori pesan & Keratifitas

https://emjaiz.wordpress.com/2

/09/04/strategi-iklan-teori-

pesan-kreatifitas/

(Diakses pada 4 juni 2021)

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles