EFEKTIFITAS KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 PAGIMANA DI DESA BAHINGIN KECAMATAN LOBU KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • Novel Yakobus Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Suanti Tunggala Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Effectivity, communication, motivation, learn, teacher, student

Abstract

Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Kabupaten Banggai

dengan waktu penelitian selama 6 (enam) bulan dari Bulan April sampai

dengan Bulan September 2023. Adapun Tujuan dari penelitian ini yakni,

untuk Mengetahui Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi

Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Pagimana Di

Desa Bahingin Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Pada Pengumpulan

Data menggunkan metode penelitian observasi, kuesioner serta

dokumentasi. Tipe pada penelitian ini bersifat deskriptif kuntitatif dengan

jenis data yang dibutuhkan dalam yakni data primer dan data sekunder.

Sedangkan populasi pada penelitian ini yakni seluruh Siswa kelas 8 dan 9

di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Pagimana berjumlah yakni

30 orang/Jiwa. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan dengan

sampel jenuh adalah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan

sampel. Maka jumlah sampel yakni 30 responden. Pada penelitian ini

metode analisis yang digunakan melalui teknik analisis data deskriptif

kuantitatif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang

telah terkumpul dalam bentuk tabulasi yang akan ditentukan dengan cara

mempersentasekan dengan menggunakan rumus, kemudian akan

dijelaskan berdasarkan asumsi logika dan asumsi teori, yang metode

pembobotan menggunakan rumus Skala Likert. Dari hasil penelitian

mengenai Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pagimana di Desa Bahingin

Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai terlaksana dengan baik. Sehingga

dapat disimpulkan bahwa persentasenya mencapai 72,91% dengan

interpretasinya dinyatakan Baik.

 

This research will be carried out in Banggai Regency Village with a

research period of 6 (six) months from April to September 2023.

The aim of this research is to determine the effectiveness of teacher

communication on the learning motivation of students at the 6

Pagimana State Junior High School (SMP) in Bahingin Village, Lobu

District, Banggai Regency. Data collection uses observation research

methods, questionnaires and documentation. The type of this research

is quantitative descriptive with the types of data required, namely

primary data and secondary data. Meanwhile, the population in this

study was all students in grades 8 and 9 at the Pagimana 6 State Junior

High School (SMP), totaling 30 people/person. The sampling method

used with saturated samples is a census, where all members of the

population are sampled. So the number of samples is 30 respondents.

In this research, the analytical method used is through quantitative

descriptive data analysis techniques by describing or illustrating the

data that has been collected in tabulated form which will be 

determined by percentage using a formula, then it will be explained

based on logical assumptions and theoretical assumptions, the

weighting method uses a formula. Likert Scale. From the results of

research regarding the Effectiveness of Teacher Communication on

Students' Learning Motivation at the 6 Pagimana State Junior High

School in Bahingin Village, Lobu District, Banggai Regency, it was

carried out well. So it can be concluded that the percentage reached

72.91% with the interpretation stated as Good.

Author Biographies

Novel Yakobus, Universitas Muhammadiyah Luwuk

Ilmu Komunikasi

Suanti Tunggala, Universitas Muhammadiyah Luwuk

Ilmu Komunikasi

References

Agung Widhi Kurniawan, Zarah

Puspitaningtyas. Metode

Penelitian Kuantitatif. Pertama.

Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.

Azeharie, Suzy, dan Nurul Khotimah.

“The Patterns of Interpersonal

Communication between

Teachers and Students in

Children Daycare ‘Melati’ in

Bengkulu.†Jurnal Pekommas 18,

no. 3 (2015): 213–24.

Dyatmika, Teddy. Ilmu Komunikasi.

Diedit oleh Syamsul Bakhri. 1 ed.

Yogyakarta: ZAHIR

PUBLISIHING, 2021.

Hidayatul Munawaroh, Fika Imam

Hanafi, M., Ulul Ilmiah Wardatul

Janah, Asmelda, Dwianti S,

Badiatun Niswa, Mufidah Imroatul,

Sari hinta Ardita, et al.

Manajemen Kelas. Diedit oleh

Moon Lita Ariyanti. Blitar:

Scopindo Media Pustaka, n.d.

K.Y.S. Putri, Wanda Hanifah.

“Efektivitas Komunikasi Google

Classroom Sebagai Media

Pembelajaran Jarak Jauh Pada

Mahasiswa Ilmu Komunikai

Universitas Negeri Jakarta

Angkatan 2018.†MEDIALOG:

Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2

(2020): 24–35.

https://doi.org/10.35326/medialog.

v3i2.639.

Kurniawan, Andri, Fitria Khasanah,

Dawami, Sahib Saleh, Bilferi

Hutapea, Mas’ud Muhammadiah,

Syarifah Gustiawati Mukri,

Windayani, Arief Yanto Rukmana,

dan Muhammad Yusuf. TEORI

KOMUNIKASI PEMBELAJARAN.

Diedit oleh Ari Yanto dan Free

Dirga Dwatra. Pertama. Padang

Sumatera Barat: PT Global

Eksekutif Teknologi, n.d.

www.globaleksekutifteknologi.co.i

d.

Nisa, Khairun, dan Sujarwo Sujarwo.

“Efektivitas Komunikasi Guru

terhadap Motivasi Belajar Anak

Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini 5, no.

(2021): 229–40.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i

534.

Nofrion. Komunikasi Pendidikan:

Penerapan Teori dan Konsep

Komunikasi dalam Pembelajaran.

Diedit oleh Nofrion. Pertama.

Jakarta: PRENADAMEDIA

GROUP Kencana, 2018.

Raco, J.R. Metode penelitian kualitatif:

jenis, karakteristik dan

keunggulannya. Diedit oleh Arita L

J.B. Soedarmanta. Pertama.

Jakarta: PT Grasindo, Anggota

IKAPI, 2010.

https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Safitri, Dewi. Menjadi Guru

Profesional. Diedit oleh Sudirman

Anwar. Cetakan Pe. Riau: PT.

Indragiri Dot Com, n.d.

Sobur Setiaman, Skep, NS, MM (K3L).

Merancang Kuesioner Untuk

Penelitian, 2020.

Sugiyono. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta,

———

. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Diedit oleh

Sugiyono. Ke 19. Bandung:

ALFABETA, CV, 2013.

www.cvalfabeta.com.

Sugiyono, D. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet, 2014.

Surokim, Yuliana Rakhmawati, Catur

Suratnoaji, Muhtar Wahyudi,

Tatag Handaka, Bani Eka

Dartiningsih, Dinara Maya

Julijanti, et al. Buku Riset

Komunikasi: Strategi praktis bagi

peneliti pemula, 2016.

http://komunikasi.trunojoyo.ac.id/w

p-content/uploads/2016/01/BUKU-

RISET-KOMUNIKASI-JADI.pdf.

Suwanto. Budaya Kerja Guru. Diedit

oleh Suwanto. Pertama.

Jogjakarta: CV. GRE

PUBLISHING, 2019.

http://greplublishing.com.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles