STRATEGI PERIKLANAN WEDDING FOTOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID19 (Studi Kasus FrameHouse Production Kelurahan Maahas Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai )
Keywords:
Strategy, Advertising, Wedding Photography, Covid19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Periklanan yang
digunakan oleh FrameHouse Production Di Kelurahan Maahas
Kecamatan Luwuk selatan kabupaten Banggai dimasa pandemi covid 19.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian kuantitatif
dengan penjelasan secara deskriptif sedangkan untuk mengumpulkan data
dilakukan melalui penelitian lapangan dengan cara observasi
(pengamatan), serta mengedarkan daftar pernyataan (kuisoner) dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
data primer dan data sekunder. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota dari FrameHouse Production yang berjumlah 5
orang. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode sampling jenuh yang juga dikenal sebagai metode
sensus. Dimana penarikan sampel jenuh memiliki ciri yaitu menjadikan
semua populasi menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Strategi Periklanan Wedding Fotografi Pada Masa Pandemi Studi Kasus
Pada FrameHouse Production menunjukan Baik yaitu dengan persentase
mencapai rata-rata yang berjumlah 78,5%.
This research aims to find out the advertising strategy used by
FrameHouse Production in Maahas Village, South Luwuk District,
Banggai Regency during the Covid-19 pandemic. In this research, the
author used a quantitative research type with descriptive explanations,
while collecting data was carried out through field research using
observation. ), as well as circulating a list of statements (questionnaires)
and documentation. The data sources used in this research are primary
data and secondary data. The population in this research is all members of
FrameHouse Production, totaling 5 people. The sampling technique in this
research uses the saturated sampling method which is also known as the
census method. Where saturated sampling has the characteristic of making
the entire population into a sample. The research results show that the
Advertising Strategy for Wedding Photography During the Pandemic Case
Study at FrameHouse Production shows good results, namely with an
average percentage of 78.5%.
References
Bull, Stephen. 2010.Photography.
Oxon: Routledge.
Burhan,Bungin. (2008). Metode
Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
Kencana.
Effendy, Onong Uchjana, Dinamika
Komunikasi. Cet.VII;
Bandung; Rosdakarya, 2008
Jefkins, Frank (1997). Periklanan.
Edisi ketiga. (alih bahasa :
Haris Munandar,editor,
Singgih Agung, Yati
Sumiharti). Jakarta : Erlangga.
Lee, Monle dan Carla Johnson,
Prinsip-Prinsip Pokok
Periklanan Dalam Perspektif
Global, Jakarta: Fajar
Interpretama Offset, 2007
Moleong, Lexy J. 2009. Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Pujiyanto, 2001, Periklanan, Malang:
Universitas Negeri Malang.
Restaty, Niken, Modul Pengantar
Periklanan(Jakarta: Fakultas
Ilmu Komunikasi, Universitas
Mercu Buana, 2010
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
FX. Dhian Ellyco Ch. 2012. Strategi
Komunikasi Pemasaran
Fotografi (Studi Pada Rinto
Sujarwo Photography).
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu
Politik. Universitas Kristen
Satya Wacana Salatiga :
Salatiga
Hafrijal. 2017. Foto PreWedding
(Analisis Strategi Publikasi
Komunitas Fotographer Banda
Aceh Terhadap Calon Klien).
Fakultas Dakwah Dan
Komunikasi. Universitas Islam
Negeri ArRaniry : Banda Aceh
Prayogo Anjasmoro. 2019. Strategi
Periklanan Dalam
Mempromosikan Sistem
Crowdfunding Kolase.Com.
Skripsi. Fakultas Ilmu
Komunikasi. Universitas Prof.
DR. Moestopo (Beragama) :
Jakarta.
Sandra Dewi. 2013. Fotografi
Prewedding Dengan konsep
Permainan Tradisional.
Skripsi. Fakultas Sastra Dan
Seni Rupa. Universitas Sebelas
Maret : Surakarta
Coronavirus: Definisi, penyebaran, hingga
pencegahan
https://hellosehat.com/infeksi/i
nfeksi-virus/coronavirus-
adalah/
(Di akses pada 8 mei 2021)
Pengertian dan jenis-jenis Fotografi
https://spotblogdoth.blogspot.c
om/2013/01/pengertian-dan-
jenis-jenis-fotografi.html
(Diakses pada 8 mei 2021)
Strategi iklan : Teori pesan & Keratifitas
https://emjaiz.wordpress.com/2
/09/04/strategi-iklan-teori-
pesan-kreatifitas/
(Diakses pada 4 juni 2021)