PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYUSUN KARYA TULIS ILMIAH MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.789Kata Kunci:
pelatihan dan pendampingan, peningkatan kompetensi, penulisan karya PTK, guru SDAbstrak
Karya tulis ilmiah bukanlah barang baru bagi guru SD. Terdapat beberapa jenis karya tulis yang sangat poupuler dikalangan guru SD, salah satunya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada umumnya guru menyusun PTK sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat, walaupun sebenarnya esensi dari PTK adalah salam rangka menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas. Namun demikian tidak sedikit guru yang masih mengalami kesulitan dalam menyusun PTK. Berdasarkan studi pendahuluan tersebut perlu diadakan pelatihan dan pendampingan kepada para guru. Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun PTK. Lokasi pelatihan dan pendampingan di SDN 5 Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara offline dan online. Tahapan pelatihan dan pendampingan diawali dengan pemantapan teori kemudian dilanjutkan dengan praktek penulisan PTK. Pendampingan dilakukan secara berkala. Proses bimbingan dilakukan secara klasikal dan individual dengan memperhatikan kompetensi yang dimiliki masing-masing guru. Jumlah peserta pelatihan sebanyak delapan guru. Program pengabdian masyarakat ini secara umum dapat berjalan dengan lancar, namun demikian terdapat beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Berdasarkan hasil identifikasi kompetensi menulis PTK sebagian besar guru dapat menentukan dan mengidentifikasi masalah dengan baik. Sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam membuat judul, membuat rumusan masalah dan menentukan kerangka pemecahan masalah. Maka dari itu pelatihan dan pendampingan kepada guru terkait dengan penyusunan PTK perlu dilakukan secara berkelanjutan agar kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah dapat meningkat
Referensi
Ermiana, I., L. H. Affandi, and A. Kusuma. 2019. “Workshop Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Lesson Study (LS) Di SD Negeri 15 Cakranegara.†Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 2(1):6–12.
Gumono. 2016. “Profil Minat Baca Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu.†Wacana 14(1):65–78.
Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, and Desi Eri Kusumaningrum. 2018. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama.†Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):128–35.
Mujianto, Mujianto, Zubaidi Zubaidi, and Yusuf Suprapto YM. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital ( JTD ) Melalui Problem Based Learning.†Pp. 177–86 in Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, edited by S. Sukatman, A. Muti’ah, and A. Taufiq. Jember: FKIP Universitas Jember.
Rosyidah, Awal Nur Kholifatur, Ida Ermiana, Arif Widodo, Linda Feni Haryati, Setiani Novitasari, and Ashar Pajarungi Anar. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di SDN 1 Dan 5 Pemenang Lombok Utara.†Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 3(4):240–46.
Syazali, Muhammad, Lalu Hamdian Affandi, Nursaptini, Aisa Nikmah Rahmatih, and Fitri Puji Astria. 2020. “Preliminary Analysis Kesulitan Mahasiswa S-1 PGSD Dalam Mereview Artikel Ilmiah Pada Jurnal.†Progres Pendidikan 1(3):99–105.
Syazali, Muhammad, I. Ketut Widiade, Nursaptini Nursaptini, Ni Luh Putu Nina S, and Hasnawati Hasnawati. 2020. “Evaluasi Keterampilan Menulis Makalah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3):546–56.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana. 2020. “Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar.†MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman 11(1):1–21.
Widodo, Arif, Abdul Kadir Jailani, Setiani Novitasari, Deni Sutisna, and Muhammad Erfan. 2020. “Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram.†Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar VI(1):77–91.
Widodo, Arif, Nursaptini Nursaptini, Setiani Novitasari, Deni Sutisna, and Umar Umar. 2020. “From Face-to-Face Learning to Web Base Learning: How Are Student Readiness?†Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(2):149–60.