EDUKASI LITERASI MELALUI KBM (KEMAH BAKTI MASYARAKAT) DI SDI AMANAH KEKAIT KECAMATAN GUNUNG SARI, LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v3i2.518Kata Kunci:
Literasi, Pengajaran, Pengabdian, Kemah bakti masyarakatAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk membantu sekolah terutama dalam proses pengajaran guna meningkatkan budaya literasi siswa melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kurangnya tenaga guru yang mengajar di SDI “AMANAH†Kekait, serta rendahnya budaya literasi siswa sehingga mendasari untuk dilaksanakan pengabdian dalam hal pendidikan dan pengajaran. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam HMPS dengan jumlah 85 orang beserta 7 orang dosen pembimbing. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah kegiatan ini adalah service learning dengan melaksanakan pengabdian melalui pengajaran guna meningkatkan budaya literasi siswa. Kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada sekolah berupa papan nama sekolah. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini di antaranya sebagai berikut: Pertama, Sekolah dapat terbantu dalam proses belajar mengajar. Kedua, budaya literasi yang diterapkan dalam pembelajaran mudah-mudahan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat menjadi kebiasaan dalam kegiatan belajar mengajar. Ketiga, mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini dapat merasakan berbaur dengan masyarakat secara langsung dan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah di pelajari di kampus.
Referensi
Damayantie, A. (2018). Literasi Dari Era Ke Era. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/sasindo.v3i1.2076
Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (2017), 810–817.
Kemendikbud. (2015). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. Diambil dari Kemendikbud website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514
Muhammad, K. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII(2), 94–102. Diambil dari file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2019 (jurnal) (2).pdf
Nyoman Padnadewi, N., & Putu Artini, L. (2018). Literasi DI Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Badung: NIlacarka.
Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156. Diambil dari http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11120
Ramadhan. (2019). Managemen Program Literasi Dalam Praktik. “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0†Yogyakarta, (September), 463–470. Yogyakarta.
Supardi, & Paidi, Y. (2018). Peningkatan Mutu Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Sebagai Upaya Peningkatan Literasi di SD Negeri Impres Perimnas I waena Jayapura. Jurnal Pengabdian Papua, 2(2), 47–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31957/.v2i2.649
Suryono, Harsiati, T., & Sari wulandari, I. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116