EDUKASI PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA DAN MEMILIKI KOMPETENSI UNGGUL PADA MAHASISWA

Penulis

  • Ayuhan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Irfan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oriza Alisya Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v8i1.3952

Kata Kunci:

Edukasi, Akhlak Mulia, Kompetensi Unggul, Mahasiswa

Abstrak

Urgensinya membentuk akhlak mulia dan memiiki kompetensi ungul (ulil Albab), merupakan wahyu dari Allah SWT, yang merupakan perintah untuk merealisasikannya kepada manusia umumnya dan lebih khusus di kalangan peserta didik atau pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa di masa yang penuh dengan tantangan digital ini. Akhlak mulia berarti meliputi tentang etika, moral, karakter, attitude, kepribadian, yang sangat baik sekali. Belajar dan berlatih adalah salah satu item untuk meningkatkan kapasitas intelektial/kompetensi unggul. Melalui pengabdian masyarakat adalah memberikan pelatihan/seminar kepada para mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jakarta di Fakutas agama Islam. Ketercapain pengabdian kepada masyarakat terdapat pencerahan bagaimana cara mengelelola dan mengkoneksikan antara akhlak mulia meliputi (Akhlak mulia berarti meliputi tentang etika, moral, karakter, attitude, kepribadian, yang sangat baik sekali) Mengkoneksikan nilai-nilai agama Islam khususnya akhlakul karimah dengan kompetensi unggul, teknologi, dan sains agar mahasiswa mampu berkometensi dan meraih kesuksesan

Referensi

Adhani, Agnes, & Meilasari, P. (2023). Perbandingan pola penamaan mahasiswa berdasarkan latar belakang agama, makna, dan kandungan pendidikan karakter. Edukasi Lingua Sastra, 21(1), 60–75.

Gurning, Fretty, L., Puji Chairunisa, & Dies L. Tobing. (2023). Peran Filsafat Pancasila dalam Pengembangan Nasional Khususnya Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Edukasi Nonformal., 1(1), 1–8.

Mahardika, R. A., Soesanto, E., Saputra, R. F., & Maulana, R. (2023). Menganalisis Pembentukan Karakter & Konsep Diri pada Mahasiswa. . Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(9), 41–50. https://doi.org/ttps://doi.org/10.9644/sindoro.v2i9.1891

Muhtarom, H., & Artikel, H. (2022). Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19707

Pardede, & Ficki, P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 353–364.

Rijal, S. (2021). NUANSA EDUKASI ISLAMI INTERAKSI SOSIAL DOSEN DAN MAHASISWA NUANSA EDUCATIONAL ISLAMIC SOCIAL INTERACTION LECTURERS AND STUDENTS. Journal of Education Science (JES), 6(2).

Satriah, & Prima, A. (2023). Edukasi Interaksi Sosial Mahasiswa Baru Melalui Kemah Dakwah Dan Bakti Mahasiswa (KDBM)Di STAISangattaKutai Timur. MAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 90–106.

Setyaningsih, R. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa (Studi Terhadap Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga.

Suardi. (2023). Penguatan Karakter Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia melalui Kegiatan HIMA Prodi PPKn. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi., 5(2), 117–130.

Diterbitkan

2025-05-09

Terbitan

Bagian

Articles