PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNASIONAL: MEMBERIKAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK UNTUK MENINGKATKAN STIMULASI MOTIVASI ANAK DALAM BELAJAR

Penulis

  • Miftah Amalia Yasti UMSB
  • Liza Andriani Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Yuliza Anggraini Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Kartika Mariyona
  • Mega Ade Nugrahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Pagdya Haninda NR Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Chyka Febria Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Lisa Ernita Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Yofa Sukmawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Rilly Yane Putri Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Shinta Angellina Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v8i1.3760

Kata Kunci:

Anak Usia Sekolah, Terapi Kelompok Terapeutik, Motivasi Belajar

Abstrak

Pemberian stimulasi di lingkungan sekolah sangat efektif mengoptimalkan perkembangan anak karena hampir sepertiga waktu anak dalam satu hari dihabiskan di sekolah. Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) dilakukan untuk belajar bagaimana stimulasi sesuai perkembangan anak sehingga membantu mengoptimalkan perkembangan psikomotor anak usia sekolah. PKM Internasional yang dilakukan oleh dosen kebidanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang bertujuan memberikan terapi kelompok terapeutik (TKT) yang berguna untuk meningkatkan stimulasi anak dalam belajar pada siswa di sanggar PCIA Malaysia. PKM ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan game dalam mengedukasi peserta PKM. Hasil kegiatan sebelum dikenalkan TKT sebagian siswa tidak fokus dalam kegiatan. Dan siswa mengikuti arahan dan instruksi serta fokus setelah digunakan metode TKT. Dimana TKT memiliki peran penting dalam stimulasi motivasi peserta dalam belajar. Disimpulkan  TKT efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Perlu dilakukan Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) yang kontiniu pada anak usia sekolah

Referensi

Keliat, B.A. Model Praktek Keperawatan profesional Jiwa. Jakarta: EGC, 2020.

Keliat, B.A, and P Akemat. Keperawatan Jiwa : Terapi Aktivitas Kelompok Edisi 2. Jakarta: EGC, 2021.

Novita, Dian, and dkk. Keperawatan Anak : Panduan Praktis untuk Perawat dan Orangtua. Jakarta: PT Sonpedia Publising Indonesia, 2023.

Pangaribuan, Helena, et al. "Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo : (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat)." Jurnal Kolaboratif Sains, 2022: 52-67.

Stuart, G W, and M T Laraia. Principles and practice of Psychiatric nursing (7th edition) . ST Louis: Mosby, 2005.

Wahyuni, Sri, Suharno, Hera Hijriani, Heni, and Dian Hadinata. "Terapi Kelompok Terapeutik untuk mengkaji Tahapan Perkembangan Anak Usia Sekolah." Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2024: 1297-1301.

Widyaningrum, Dian Anisia, Priyoto, and Aliefa Desta Anjarini. "Upaya Peningkatan Perkembangan Mental anak Melalui Terapi Kelompok Terapeutik Pada Siswa SDN 3 Sukowinangun Magetan." Journal of Community Engagement In Health, 2020: 295-299.

Yektiningsih, Erwin, Nugrahaeni Firdausi, and Pratiwi Yuliansari. "Upaya Peningkatan Fase Perkembangan Industri Anak Melalui Terapi Kelompok Terapeutik pada Anak Usia Sekolah ." Journal of Community Engagement In Health, 2021: 275-279.

Yusuf, A, Rizky Fitryasari PK, and H.E Nihayati. Keperawatan Kesehatan Jiwa : Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika, 2015.

Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja, 2009.

Diterbitkan

2025-01-14

Terbitan

Bagian

Articles