MEMBACA ANGKA: LITERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI BACA TULIS CERITA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Rimayasi universitas muhammadiyah buton
  • Eka Rosmitha Sari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrawatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Qonita Aprilia Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v7i2.3727

Kata Kunci:

Membaca angka; literasi; baca tulis cerita.

Abstrak

Dalam era Pendidikan modern, integrasi antara literasi dan matematika menjadi pendekatan penting untuk menciptakan pembelajaran yang holistic dan menarik. Literasi, sebagai fondasi membaca dan menulis, dikombinasikan dengan matematika untuk membantu siswa memahami konsep dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Program pengabdian masyarakat ini menggabungkan kegiatan baca tulis cerita sebagai alat untuk meningkatkan literasi dan kemampuan matematika siswa. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar mengenali angka dan operasi dasar, tetapi juga terlibat dalam proses pembelajaran yang relevan, kreatif, dan menyenangkan. Hasil kegiatan menunjukkan perubahan sosial yang signifikan, termasuk kesadaran baru bahwa matematika dapat dipahami melalui cerita kontekstual, peningkatan motivasi belajar, dan kemampuan menerapkan konsep dalam kehidupan nyata. Selain itu, guru mulai menggunakan pendekatan inovatif, menciptakan metode pengajaran yang lebih relevan. Program ini membuktikan bahwa integrasi literasi dan matematika dapat meningkatkan minat dan keterampilan siswa secara bersamaan.

Referensi

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky?: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Bordeos, M., Pecolados, M., Cardeño, R., Flores, J., & Bitangcor, S. (2023). The Impact of Cooperative Storytelling Strategy on the Learner’s Speaking Proficiency. 1(1), 22–30. https://doi.org/10.54536/jnll.v1i1.1987

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966

Febrianti1, A. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 3(4), 301–313. https://doi.org/10.61227/arji.v3i4.53

Fitriyani, D., SAEFUROHMAN, A., & Mansur. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Ibtida’i?: Jurnal Kependidikan Dasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267166102

Haryadi, H. (2023). Problematika Penguasaan Kompetensi Pedagogik Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 94. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.7860

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. In Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. https://doi.org/10.4324/9780203887332

Hayath, T. M., & Gupta, S. K. (2022). Pedagogical Principles in Learning and Its Impact on Enhancing Motivation of Students. Technoarete Transactions on Application of Information and Communication Technology(Ict) in Education, 1(4). https://doi.org/10.36647/ttaicte/01.04.a004

Ida, S., Aziz, R., & Irawan, W. H. (2021). Critical and Creative Thinking Skills to Solving Math Story Problems in Elementary School Students. Jurnal Tatsqif, 19(2), 98–113. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4069

Ikhsan, I., & Kansil, Y. E. Y. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Siswa Kelas Iii Sdn 1 Lelewawo. Journal of Basication (JOB)?: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 50. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v2i2.14342

Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:190676071

Jufri, N. F., Saat, N. Z. M., Lubis, S. H., Ishak, I., & Masre, S. F. (2018). The Effectiveness of a Motivation Camp Programme Among Second and Third Year Students of Biomedical Science. Jurnal Sains Kesihatan Malaysia, 16(Special Issue), 113–117. https://doi.org/10.17576/jskm-2018-16si-16

Kusuma, A. W., & Sari, C. K. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230

Munawarah, M., Fadhilah, C. N., Aulia, R., Ngaisah, N. C., & Suhasto, F. P. (2023). Urgensi Membangun Literasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 443–450. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.3890

Mustami, M. K., & Safitri, D. (2018). The Effects of Numbered Heads Together-Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction on Students’ Motivation. International Journal of Instruction, 11(3), 123–134. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1139a

Naitili, C. A. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 160–171. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1223

Narahawarin, M. F., Winarsih, S., & Bawawa, M. (2020). Variasi Bahasa Yang Digunakan Oleh Kalangan Waria Kota Merauke. Kajian Linguistik, 7(2). https://doi.org/10.35796/kaling.7.2.2019.28222

Nurwahidah, I., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5646–5655. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3093

Rahmawati, I. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berbasis PMRI. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(2), 152–167. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.43197

Rini, T. A. (2018). Program Baca Tulis Asik, Kreatif Dan Komunikatif di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 133–141. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p133

Rohani, R., hadi Saputra, H., & Rosydah, A. N. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas II Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:233923932

Sesmita, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka Di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Dharmas Education Journal, 3(2), 200–210. http://www.nber.org/papers/w16019

Sholikhah, U. A., Markhamah, M., Rahmawati, L. E., & Fauziati, E. (2023). Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 245. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11052

Silalahi, J., Galingging, C. K., Hutabarat, L. E., Hutabarat, D. S., Sembiring, A. R., & Siahaan, R. Y. (2023). Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Gratis Bagi Siswa Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 804–812. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5520

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Ulum, H. (2024). ISSN?: 2717-8307 The Relationship Between Reading and Mathematics Achievement?: Findings from Okumak ve Matematik Ba?ar?s? Aras?ndaki ?li?ki?: Meta Analizden Bulgular Özet. 5(1), 153–170.

Wahjuningsih, B., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2023). The Effect of TPS vs NHT Teaching Methods on Math Learning Outcomes and Motivation. Acitya Journal of Teaching & Education, 5(2), 460–476. https://doi.org/10.30650/ajte.v5i2.3725

Wahyuni, N. T., & Suyoto, S. (2024). Analisis Kesulitan Belajar siswa dalam memahami Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun (Studi pada Peserta didik Kelas II Sekolah Dasar). Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:270292558

Winda, N., & Mahyuddin, N. (2022). Pengaruh Gender pada Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Empat Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6701–6709. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3483

Wyrasti, A. F., Haryanto, H., Simamora, E. W., Purwati, P., Irnandi, I., Firmansyah, F., Siregar, N. N., Ode, A. S., Saptariani, A., Siagian, A. S. M., Bonay, C. Y. I., & Puwantini, Y. (2022). Pengenalan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Berbahasa Hatam Di Nuhuwei, Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10193

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Articles