PEMBINAAN LITERASI KETERAMPILAN PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN EKONOMI KREATIF

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v7i2.3574

Kata Kunci:

Bina literasi, keterampilan pemuda, kemandirian ekonomi

Abstrak

Provinsi Gorontalo termasuk dalam urutan ke 6 dari 10 daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak pada September 2021 (BPS, Januari 2022), dengan jumlah penduduk miskin sebesar 15,41 persen dan Sulawesi Tengah di urutan ke 10 dengan presentasi penduduk miskin sebesar 12,18 persen. Sebaran wilayah penduduk miskin ternyata berada dalam wilayah Teluk Tomini. Program KKN Tematik oleh LPPM UNG Tahun 2024 diorientasikan untuk meningkatkan kualitas jumlah pengabdian dosen UNG. Dalam menunjang hal tersebut, maka salah satu program yang strategis dilakukan dalam Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) melalui pembinaan literasi pemuda dan bagi masyarakat desa sebagai upaya percepatan kemandirian ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Target program pembinaan literasi pemuda untuk mendukung pengembangan kemandirian ekonomi kreatif  ini adalah terwujudnya masyarakat yang memiliki pengetahuan sebagai bagian dari proses pembelajaran serta memiliki keterampilan yang merupakan upaya peningkatan kesejahteraan melalui ketahanan ekonomi kreatif masyarakat.

Referensi

Isa, A. H., & Anu, Z. (2021). Pembinaan Keterampilan Produktif Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa Membangun. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 536–550. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/11223

Isa, A. H., & Zubaidi, M. (2022). The Phenomena of Life Skill Education of a Coastal Community: An Empirical Study of Education from The Aspect of Community’s Productivity. Journal of Educational and Social Research, 12(6), 218–225. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0157

Jennings, L. B., Parra-Medina, D. M., Messias, D. A. K. H., & McLoughlin, K. (2012). Toward a critical social theory of youth empowerment. Youth Participation and Community Change, August, 31–56. https://doi.org/10.1300/J125v14n01_03

Kirsch, I. S., & Jungeblut, A. (2002). Literacy: Profile of America’s Young Adult (TT). This report No. 16 PL-02. Can be order from the National Assessment of Education Progress at Educational Testing Service (Issue 1). https://eric.ed.gov/?id=ED275701

Kurniawan, B. (2015). Desa Mandiri, Desa Membangun. In Sustainability (Switzerland) (pp. 1–50). Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

M. Ghufran H. Kordi K. (2020). Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Desa. BaKTI News. https://baktinews.bakti.or.id/artikel/mencapai-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-dari-desa

Miller, J. W. (Jack), & McKenna, M. C. (2016). World Literacy How Countries Rank and Why It Matters. https://archive.org/details/worldliteracyhow0000mill

Nizham, M., Handrawan, R., & Nisa, F. L. (2024). Peran Pemerintah Dalam Penggunaan Ekonomi Kreatif Dengan Kondisi Pertumbuhan Nilai SDM Dan SDA Yang Beragam Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 2(3), 157–169.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593

Shofiyanti, M. F., & Nisa, F. L. (2024). Peran Kewirausahaan Sosial Dalam Membangun Ekonomi. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 2(3), 203–214.

Subiyantoro. (2012). Psikolinguistik: Kajian Teoritis Dan Implementasinya. UNNES Press. https://otomasi.unnes.ac.id/index.php?p=show_detail&id=83983

Sutriyanti. (2017). Pengaturan Ekonomi Kreatif Guna Mengembangkan Sumber Ekonomi Baru (Regulating Of Creative Economy To Develop New Economic Resources). Jurnal Kajian, 2 No 1, 270–271. http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/

Tanaka, A., Refariza, E., Andrias, Sawaludin, Sudirman, Andrian, N., Udin, T., Yahya, M., Munawaroh, M., & Rais, R. (2023). Konsep dan model pembelajar karakter. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Yayasan Hamjah Diha. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Diterbitkan

2024-11-18

Terbitan

Bagian

Articles