PENCEGAHAN PERUNDUNGAN MELALUI LITERASI EDUKASI PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP DI KOTA PALU

Penulis

  • Yunidar Yunidar Universitas Tadulako
  • Gusti Ketut Alit Suputra Universitas Tadulako
  • Moh. Tahir Universitas Tadulako
  • Nur Halifah

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v7i2.3545

Abstrak

Kegiatan “Pencegahan Perundungan melalui Literasi Edukasi pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di kota Palu” dilaksanakan untuk memberikan literasi edukasi pencegahan perundungan kepada guru sebagai penghubung yang akan memberi penyadaran dan pemahaman kepada siswa untuk mencegah terjadinya perundungan di sekolah.Upaya pencegahan perundungan  diharapkan memberi pemahaman tentang linguistik forensik dan kesantunan berbahasa. Guru bahasa Indonesia di SMP kota Palu yang bernaung dalam MGMP berperan sebagai perantara untu menyampaikan cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang santun ke siswa agar dapat terhindar dari perundungan. Edukasi akan dikemas dalam bentuk pelatihan yang menggunakan model partisipatif. Keberhasilan kegiatan pengabdian ini diukur menggunakan pertanyaan tes awal dan tes akhir kegiatan. Pertanyaan yang diberikan melalui link googleform pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 61,2 pada kategori sedang, selanjutnya pada tes akhir memperoleh nilai rata-rata 92,1 pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan pemahaman awal peserta kegiatan pelatihan mengalami peningkatan setelah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan.

Referensi

Adhiatma, W., & Christianto, L. P. (2019). Suara psikologi: untuk insan Indonesia. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Arofa, I. Z., Hudaniah, H., & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 74–92.

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs.

Bazemore, G., & Schiff, M. (2020). Juvenile Justice Reform and Restorative Justice: Building Theory and Policy from Practice. Routledge.

Bertens, K. (2016). Psikoanalisis Sigmund Freud. Gramedia Pustaka Utama.

Bronstein, L. R., et al. (2020). Interdisciplinary Collaboration for Health Professionals. Springer.

Coulthard, M., Johnson, A., & Wright, D. (2016). An introduction to forensic linguistics: Language in evidence. Routledge.

Craig, W. M. (2022). Children, Bullying, and Victimization: What We Know and What We Can Do. Springer.

Herdiana, B., Zulham, M., & Hakim, M. N. (2022). Pemanfaatan dan Pengenalan Linguistik Forensik untuk Siswa/Siswi SMA di Palopo sebagai Upaya Pencegahan Perundungan. Abdimas Langkanae, 2(2), 156–163.

Herdiana, B., Zulham, M., Sukmawati, S., & Nurhakim, M. (2023). Pemanfaatan dan Pengenalan Lingusitik Forensik untuk Siswa/Siswi SMA Negeri 6 Palopo. Madaniya, 4(1), 150–155.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2014). Bullying beyond the schoolyard: Preventing and responding to cyberbullying. Corwin press.

Johnson, M., & Rayson, P. (2023). Forensic Linguistics: The Language of Justice. Routledge.

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & McCord, A. (2021). Bullying in the Digital Age: A Critical Look at.

Mutiara, D., & Eriyanto, E. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Kasus Kekerasan pada Orientasi Pengenalan Kampus. Jurnal Komunikasi Global, 9(1), 115–140.

Ribble, M. (2015). Digital citizenship in schools: Nine elements all students should know. International Society for Technology in Education.

Santrock, J. W. (2022). Life-span development. McGraw-Hill.

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). pencegahan perundungan/bullying di Institusi pendidikan: pendekatan norma hukum dan perubahan perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1(1).

Smith, P. K., & Low, S. (2023). Preventing Bullying Through Science, Policy, and Practice. Cambridge University Press.

Suseno, E. (2018). Tindakan (Bullying) Dalam Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Persfektif Hukum Pidana Islam. Sol Justicia, 1(1), 29–35.

Vasquez, V., Janks, H., & Comber, B. (2019). Critical Literacy as Resistance and Hope: Working the Contradictions. English Teaching: Practice & Critique, 18(2), 100.

Wulan, N. S., Fitriani, A., Ningsih, J., Rhamadan, M. K., & Elvana, V. (2023). Menghindari tindakan bullying di SD Plus Al-Muhajirin Purwakarta. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 233–239.

Diterbitkan

2024-11-29

Terbitan

Bagian

Articles