PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS TEKNOLOGI ENJINIRING DAN MATEMATIKA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sherlyane Hendri Universitas Negeri Padang
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra http://orcid.org/0000-0003-1074-7012
  • Dea Stivani Suherman Universitas Negeri Padang
  • Fitri Dwi Arini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2375

Kata Kunci:

pelatihan, teknologi, STEM, pandemi

Abstrak

Pelatihan ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran berbasis STEM bagi siswa sekolah dasar. Tujuan pelatihan ini adalah untuk dapat meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi dan meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis STEM untuk siswa sekolah dasar. Kegiatan ini melibatkan 40 orang guru sekolah dasar di gugus 1 Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan tentang proses pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran berbasis STEM. Hasil kegiatan ini mendapatkan skor kemampuan guru menggunakan LMS sebesar 87,89, kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital sebesar 86,93, kemampuan guru dalam mengembangkan penilaian berbasis teknologi sebesar 83,49, kemampuan guru dalam merancang proses pembelajaran STEM sebesar 85,79, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis STEM sebesar 87,98 dan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran berbasis STEM sebesar 88,98. Hal ini membuktikan bahwa guru telah mampu mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran berbasis STEM. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagi referensi dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan guru

Biografi Penulis

Sherlyane Hendri, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ary Kiswanto Kenedi, Universitas Samudra

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dea Stivani Suherman, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Fisika

Fitri Dwi Arini, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Amunga, J. (2021). Leveraging technology to enhance STEM education amidst the Covid-19 pandemic: An overview of pertinent concerns. Technium Soc. Sci. J., 18, 40.

Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59-68.

Arianti, A. R. I. A. N. T. I. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Astawan, I. G., Sudana, D. N., Kusmariyatni, N., & Ngurah, I. G. (2019). The STEAM Integrated Panca Pramana Model in Learning Elementary School Science in The Industrial Revolution Era 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 26-39.

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pebelajar. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29-42.

Duc, L. P., & Hoa, D. T. (2021, March). Teaching material and energy topics in Grade 5 science curriculum based on STEM education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1835, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248.

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248.

Farida, F., Supriadi, N., Andriani, S., Pratiwi, D. D., Suherman, S., & Muhammad, R. R. (2022). STEM approach and computer science impact the metaphorical thinking of Indonesian students’. Revista de Educación a Distancia (RED), 22(69).

Farwati, R., Metafisika, K., Sari, I., Sitinjak, D. S., Solikha, D. F., & Solfarina, S. (2021). STEM education implementation in Indonesia: a scoping review. International Journal of STEM Education for Sustainability, 1(1), 11-32.

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93-102.

Glaze-Crampes, A. L. (2020). Leveraging communities of practice as professional learning communities in science, technology, engineering, math (STEM) education. Education Sciences, 10(8), 190.

Hamimah, H., Zainil, M., Anita, Y., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 33-42.

Hamimah, H., Zuryanty, Z., Kenedi, A. K., & Nelliarti, N. (2019). The Development of the 2013 Student Curriculum Book Based on Thinking Actively in Social Context for Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 159-176.

Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Edmodo-based blended learning media in learning mathematics. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 2(2), 107-117.

Hendri, S. S., Hendri, S., Kenedi, A. K., Helsa, Y., & Anita, Y. (2019, December). Elementary School Teacher Ability in Using Application Technology for Mathematics Learning Assessment in the 2013 Curriculum. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 446-449). Atlantis Press.

Hendri, S., Helsa, Y., Anita, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar. Jurnal Halaqah, 1(4), 446-459.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278.

Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019, December). Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Mariana, N. (2019). Transformation of research education at elementary school mathematics in the industry 4.0. Int. J. Innovation, Creativity Change, 5(5), 1-10.

Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16-22.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.

Rusli, R., Rahman, A., Ahmar, A. S., Musa, H., & Lince, R. (2021). Development of teaching materials for digital higher education in the industrial revolution 4.0 era. Linguistics and Culture Review, 5(1), 361-366.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1851.

Diterbitkan

2023-02-17

Terbitan

Bagian

Articles