PENERAPAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA BERBASIS DIGITALISASI 4.0

Penulis

  • Erwin Nursin Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Gisela Luigi Septiana Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Christian Satria R Sahidi Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Hasrat A Aimang Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2296

Kata Kunci:

Digitalisasi, Administrasi, Pemerintahan Desa

Abstrak

Revolusi ini mengakibatkan transformasi yang jauh berbeda dengan revolusi-revolusi sebelumnya. Sehingga perlu direspon oleh semua kalangan pemangku kepentingan mulai dari kalangan publik dan swasta sampai dengan akademisi maupun masyarat umum yang ditandai dengan teknologi Informasi diterapkan pada semua Industri. Penyelenggara Pemerintahan Desa untuk bisa mengadopsi program desa digital era revolusi industri 4.0. Tujuan Pelaksanaan kegiatan ini tidak lain adalah untuk memberikan penguatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada Pemerintah Desa Dangkalan Kecamatan Banggai  Kabupaten Banggai Laut. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu menggunakan metode pendampingan yang langsung ditujukan kepada Pemerintah Desa Dangkalan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Adapun pelaksanaanya meliputi beberapa tahapan pelaksanaan yaitu dimulai dari observasi, melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa selanjutnya dilaksanakan pendampingan yang dilakukan di kantor Desa Dangkalan yang dihadiri oleh unsur pemerintah desa. Hasil akhir yang diinginkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan kemampuan pemerintah desa dalam Penerapan Sistem Informasi Kecamatan Banggai Yang Terintegrasi Dan Berbasis Website (Desa Digital).

Referensi

Adiputra, I. M. P., Desi Dwi Yantari, N. K., & Dewa, K. D. (2015). Pengaruh PAD, Dana Perimbangan dan SiLPa terhadap Kualitas Pembangunan Manusia dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 18 Medan 16-19 September 2015.

Faruqi, U. al. (2019). Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Ivoni, D., Santika, I. W., & Suryani, A. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Orientasi Merek, dan Orientasi Belanja terhadap Niat Beli Fashion Online. E-Jurnal Manajemen, 4(4).

Mukhsin, M. (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. TEKNOKOM, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.43

Nugroho, A. (2021). Manfaat Pelayanan Online Berbasis Website dan Aplikasi Manfaat Pelayanan Online Berbasis Website dan Aplikasi. Https://Qwords.Com/Blog/Pelayanan-Online/.

Satyaningtyas, O. (2018). Manfaat Era Industri 4.0 untuk Meningkatkan Karier di Masa Depan. Https://Www.Ruangkerja.Id/Blog/Manfaat-Era-Industri-4.0-Untuk-Meningkatkan-Karier-Di-Masa-Depan.

Sujana, K. C., & Suprapti, N. W. S. (2016). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Terhadap Niat Konsumen Untuk Berbelanja di Situs Zalora. E-Jurnal Manajemen, 5(1).

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Diterbitkan

2023-01-27

Terbitan

Bagian

Articles