ZONA INTEGRITAS: MANAJEMEN RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2273Kata Kunci:
Zona Integritas, K3, Manajemen ResikoAbstrak
Dalam rangka menunjang program zona integritas di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNG, segenap civitas akademika harus memenuhi beberapa unsur salah satunya sisitem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus berjalan sebagaimana mestinya agar selaras. Tujuan yang ingin dicapai dalam Survey ini adalah tersedianya informasi serta sebagai acuan bagi pimpinan fakultas, pimpinan jurusan, para dosen dan tenaga penunjang akademik dalam upaya peningkatan sumber daya manusia dalam hal pengupayaan K3 Universitas Negeri Gorontalo khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Survey ini menggunakan model survey yang digunakan adalah model survey menurut Groves yang terdiri dari bebarap tahapan yaitu Pada tahap pertama, peneliti membangun sebuah instrumen-sebuah pertanyaan survey atau daftar pertanyaan- yang akan digunakan peneliti untuk mengukur variabel-variabelnya. Survey yang telah dilaksanakan tentang zona integritas khususnya pada keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, bahwa Keselamatan dan kesehatan kerja tidak hanya berbicara tentang fisik semata namun, unit tempat bekerja harus memperhatikan kondisi mental si pekerja, sehingga kondisi mental yang baik akan mempengaruhi sistem bekerja yang baik yang nantinya akan menunjang prestasi akademik tentu hal ini harus didukung dengan sistem yang dibangun dengan baik berdasarkan survey kelemahan dan kelebihan yang telah dilaksanakanReferensi
Amirah, N. A., Asma, W. I., Muda, M. S., & Mohd Amin, W. A. A. W. (2013). Safety culture in combating occupational safety and health problems in the Malaysian manufacturing sectors. Asian Social Science, 9(3). https://doi.org/10.5539/ass.v9n3p182
Arisandi, R. F. (2021). PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2). https://doi.org/10.32493/jee.v3i2.8741
Azhary, I. T. (2020). Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja. Al-Dzahab, 1(2).
Cahyaningrum, D. (2020). Pengaruh Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pengetahuan Laboratorium Pendidikan, 2 (1) 2020, 35-40, e-ISSN: 2634-25IX, 56(2).
Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR (LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, LINGKUNGAN MASYARAKAT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(1). https://doi.org/10.25157/je.v8i1.3317
Maulana, V. (2020). Pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (k3) terhadap kinerja petugas. J A, 17(2).
Niartiningsih, A., Irwandy, & Muis, M. (2020). The influence of occupational safety and health on job satisfaction and organizational commitment of hospital nurses in Makassar city. Medico-Legal Update, 20(3). https://doi.org/10.37506/mlu.v20i3.1505
Peng, L., & Chan, A. H. S. (2019). A meta-analysis of the relationship between ageing and occupational safety and health. In Safety Science (Vol. 112). https://doi.org/10.1016/j.ssci.2018.10.030
R., B., Groves, R. M., & Couper, M. P. (2000). Nonresponse in Household Interview Survey. Population (French Edition). https://doi.org/10.2307/1535047
Santoso, A. B., & Oktafien, S. (2018). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1755
Sholikin, M. N., & Herawati. (2020). ASPEK HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BAGI TENAGA MEDIS DAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI. Majalah Hukum Nasional, 50(2). https://doi.org/10.33331/mhn.v50i2.74
Sousa, V., Almeida, N. M., & Dias, L. A. (2014). Risk-based management of occupational safety and health in the construction industry - Part 1: Background knowledge. In Safety Science (Vol. 66). https://doi.org/10.1016/j.ssci.2014.02.008
Takrim, M., & Mikkael, R. H. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen , Motivasi , dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Economics and Digital Business Review, 1(2).
Tamers, S. L., Streit, J., Pana-Cryan, R., Ray, T., Syron, L., Flynn, M. A., Castillo, D., Roth, G., Geraci, C., Guerin, R., Schulte, P., Henn, S., Chang, C. C., Felknor, S., & Howard, J. (2020). Envisioning the future of work to safeguard the safety, health, and well-being of the workforce: A perspective from the CDC’s National Institute for Occupational Safety and Health. In American Journal of Industrial Medicine (Vol. 63, Issue 12). https://doi.org/10.1002/ajim.23183
Udam, Y. A., & Ranimpi, Y. Y. (2019). Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar dan Status Kesehatan Mental pada Mahasiswa FISIP di Universitas Cenderawasih Papua. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(3). https://doi.org/10.35842/jkry.v6i3.386
Vranješ, B., Todić, M., & Golubović-Bugarski, V. (2020). Optimizing the management of the occupational safety and health system in “arcelormittal†prijedor on the basis of performance indicators. Tehnicki Vjesnik, 27(3). https://doi.org/10.17559/TV-20190320154104
Wahidah, L., Naufal, F. H. A., Deky, N. C., Permatasari, A., & ... (2021). Pengaruh Jumlah Tugas Kuliah Tehadap Kesehatan Mental Mahasiswa Universitas Jember. Researchgate.Net, June.
Wartono, T., & Mochtar, S. (2015). Stres dan kinerja di lingkungan kerja yang semakin kompetitif. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(2).
Zhou, L. J., Cao, Q. G., Yu, K., Wang, L. L., & Wang, H. Bin. (2018). Research on occupational safety, health management and risk control technology in coal mines. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(5). https://doi.org/10.3390/ijerph15050868