PENGENALAN ASTRONOMI KEPADA ANAK SANTRI TPQ AL-FIRDAUS UNTUK MENINGKATKAN KEIMANAN DAN ILMU SAINS
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v5i2.1177Kata Kunci:
astronomi, santri, keimanan, ilmu sainsAbstrak
Pemahaman astronomi sejak dini merupakan hal yang penting. Melihat kondisi masyarakat saat ini yang banyak melakukan penyimpangan dan kesyirikan berkaitan tentang fenomena alam astronomi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memahamkan ilmu astronomi untuk meningkatkan keimanan dan ilmu sains di anak usia dini khususnya pada santri TPQ Al-Firdaus. Pengabdian dilaksanakan dengan metode ceraman dan observasi dengan menunjau langsung kondisi langit malam hari. Setelah dilaksanakan kegiatan pemahaman tentang Astronomi santri mempunyai pemahaman tentang ilmu sains astronomi dalam menyikapi isu-isu yang melenceng di masyarakat yang dapat dapat menyimpang dari pemahaman dan dapat mengurangi keimanan.Referensi
Ayu, R. P., Priyatikanto, R., Soegiartini, E., Malasan, H. L., & Arifyanto, M. (2013). Pembelajaran Astronomi Menggunakan Webcam. Preprint Submitted to Proceeding of the Indonesian Astronomy Ascossiation (HAI), 1–5.
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243–272.
Butar, A. J. R. B. (2018). Astronomi Islam (Gunawan (Ed.)). UMSU Press.
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Firdaus, T., & Sinensis, A. R. (2017). Perdebatan Paradigma Teori Revolusi: Matahari atau Bumi Sebagai Pusat Tata Surya ? Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.30599/jti.v9i1.78
Ishak, S. (2015). Metode Pembelajaran Sains Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 15(1), 143. https://doi.org/10.22373/jiif.v15i1.563
Jaafar, N. F., & Khairuddin, A. H. (2021). Folk Astronomy of the Northern West Coast of Peninsula Malaysia (W. Orchiston & M. N. Vahia (Eds.); pp. 529–547). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-62777-5_17
Jasmi, K. A. (2016). Pendidikan sebagai Medium Penerapan Islam dalam Sains dan Teknologi. Ta’dib, 3(1), 1–16.
Kurniawan, D. T., Santi, D. P. D., & Maryanti, S. (2020). Program Edukasi Astronomi Melalui Kegiatan Stream Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Peningkatan Kesadaran Keamanan Pengamatan Peristiwa Gerhana Matahari. Al-Khidmat, 3(1), 70–78.
Mastiyah, I. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini menurut Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 5(3), 29–38. https://doi.org/10.32729/edukasi.v5i3.138
Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2018). Kemampuan Abstraksi Anak Usia Dini mengenai Topik Astronomi dengan Media Big Book. Educhild, 7(1), 1–7.
Pujani, N. M. (2017). Pembekalan Materi Astronomi Bagi Guru-Guru IPA SMP di Kota Amlapura. SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 456.
Pujani, N. M., & Rapi, N. K. (2017). Pelatihan Praktikum IPBA Bagi Guru SMP/SMA di Kota Singaraja Menuju Olimpiade Astronomi. WIDYA LAKSANA, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.23887/JWL.V2I1.9126
Pujani, N. M., Rapi, N. K., & Suswandi, I. (2014). Penyegaran Materi Astronomi Bagi Guru-Guru SMA di Kabupaten Buleleng Menuju Olimpiade Astronomi Tahun 2014. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat.
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Rakhmadi, A. J., & Setiawan, H. R. (2020). Pemanfaatan Instrumen Astronomi Klasik Mizwala Dalam Pengukuran Dan Pengakurasian Arah Kiblat. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.56114/MASLAHAH.V1I2.69
Sado, A. B., & Zuhdi, M. H. (2020). Urgensi dan Kontribusi Observatorium Al-Afaq UIN Mataram dalam Pengembangan Fikih Sains Astronomi di Nusa Tenggara Barat. Istinbath: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 19(1), 128–143.
Yasrina, A., Affriyenni, Y., Utomo, J., Yogiharti, C. I., Narariya, A. S. F., Fajrin, A., & Factirohmani, A. S. (2021). UPAYA MEMASYARAKATKAN ASTRONOMI MELALUI ASTRONOMY IN CAR FREE DAY (CFD) DI KOTA MALANG. WIDYA LAKSANA, 10(1), 94–99. https://doi.org/10.23887/JWL.V10I1.30138
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130