SOSIALISASI MINI-CEX BAGI PERAWAT DI RSU SARI MUTIARA LUBUK PAKAM

Authors

  • SISKA EVI MARTINA UNIVERSITAS SARI MUTIARA
  • AGNES SILVINA MARBUN UNIVERSITAS SARI MUTIARA
  • RINCO SIREGAR UNIVERSITAS SARI MUTIARA

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.900

Keywords:

Mini-Cex, Nursing, Sosialitation

Abstract

Perawat harus mampu memfasilitasi mahasiswa untuk mencapai  kompetensi yang telah ditetapkan. Saat ini metode pembimbingan  dan evaluasi kinerja klinik merujuk pada pengembangan keterampilan mahasiswa. Hal ini dikenal dengan Mini-Cex. Namun masih banyak perawat yang tidak paham tentang Mini-Cex. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan perawat RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam tentang Mini-Cex. Metode kegiatan ini adalah sosialisasi, rpesentasi dan diskusi. Hasil kegiatan ini menunjukan sebanyak 15 perawat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.Sebanyak 73,4 % menunjukan pengetahuan kurang sebelum kegiatan dan 86,6 % pengetahuan baik setelah mengikuti sosialisasi Mini-Cex

References

Howley, L. D., & Wilson, W. G. (2004). Direct Observation of Students during Clerkship Rotations: A Multiyear Descriptive Study. Academic Medicine, 79(3), 276–280. https://doi.org/10.1097/00001888-200403000-00017

Martina, S. E., & Simanjuntak, E. H. (2020). Peningkatan Keterampilan Klinik Melalui Penerapan Mini-CEX pada Mahasiswa Keperawatan Improvement Clinical Skill Through the Implementation of Mini-CEX among Nursing Student. 7(3), 137–141.

Norcini, J. J., Blank, L. L., Arnold, G. K., & Kimball, H. R. (2003). The mini-CEX (clinical evaluation exercise): A preliminary investigation. Annals of Internal Medicine, 123(10), 795–799. https://doi.org/10.7326/0003-4819-123-10-199511150-00008

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. http://repository.stikesrspadgs.ac.id/377/1/0 BUKU MANAJEMEN-MAK 165 197.pdf

Sulistiawati. (2016). Umpan Balik pada Mini-CEX Feedback in Mini-CEX. JK Unila, 1(2), 413–417.

Tokode, O. M., & Dennick, R. (2013). A qualitative study of foundation doctors’ experiences with mini-CEX in the UK. International Journal of Medical Education, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.5116/ijme.5165.e5d8

Downloads

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles