PENINGKATAN DAYA SAING ANAK-ANAK PESISIR MELALUI PENDIDIKAN DI DESA BILATO KECAMATAN BILATO KABUPATEN GORONTALO PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo http://orcid.org/0000-0003-4250-5069
  • Muhammad Sarlin Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v3i2.750

Keywords:

Daya saing, Anak Pesisir, Program Pendidikan

Abstract

Sasaran program pengabdian KKN Tematik ini adalah Peningkatan Daya Saing Anak-Anak Pesisir Melalui Pendidikan Di Desa Bilato Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Program ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas wawasan, pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap mahasiswa, (2) Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memberikan solusi atas masalah yang dialami masyarakat, (3) Meningkatkan produktifitas anak-anak pesisir menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing melalui metode pendidikan kreatif, (4) Mensosialisasikan dan melatihkan metode pendidikan kreatif, (5) Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo.

Target yang dicapai melalui kegiatan ini adalah: (1) Terlaksananya program pendidikan bagi anak-anak pesisir yakni Workshop Inspiratif, Character Building Training, Belajar Baca dan Bermain, Pendirian Pusak Belajar Rakyat (PERAK), (2) Meningkatnya produktifitas anak-anak pesisir dalam mengelolah potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, (3) Menciptakan pusat pembelajaran kreatif bagi anak-anak pesisir oleh masyarakat. Luaran kegiatan ini berupa: (1) publikasi  di Harian Gorontalo, (2) video kegiatan yang dipublikasikan di Youtube, dan (3) laporan wajib, (4) artikel ilmiah

Metode pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut: (1) Persiapan: (a) menyiapkan administrasi dan perlengkapan mahasiswa peserta KKN Tematik (b) menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam kegiatan pembekalan, (c) menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam pelaksanaan program kepada anak-anak pesisir; (2) Pembekalan: (a) menyiapkan administrasi untuk kegiatan pembekalan, (c) melaksanakan pelatihan program pembelajaran pendidikan, di mana keterampilan tersebut akan dgunakan dalam anak-anak pesisir, (c) Mengsosialisasikan kehidupan sosial kemasyarakatan dan nilai-nilai budaya masyarakat di lokasi KKN

Author Biography

Arwildayanto Arwildayanto, Universitas Negeri Gorontalo

Management of Education

References

Khan, Y. D. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Prasetyati. 2004. Hubungan Antara Suhu, Slinitas, dan Arus dengan Distribusi Kelimpahan Zooplankton dan Ichtyoplankton yang Tersaring Bonggo net Diperairan Teluk Tomini pada Musim Timur 2003. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sihombing, U. 2001. Pendidikan Luar Sekolah; Masalah, Tantangan, dan Peluang. Jakarta: Wirakarsa.

Ranti, G. 2019. Pengabdian Cakrawala Nusantara Untuk Membangkitkan Daya Saing Anak Pesisir melalui Pendidikan. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 21-27.

Dadang, (23 April 2011), Peduli Pendidikan Anak Pesisir Lewat PKM. Di akses melalui https://www.its.ac.id/news/2011/04/23/peduli-pendidikan-anak-pesisir-lewat-pkm/

Downloads

Published

2020-10-30

Issue

Section

Articles