PELATIHAN MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA SISWA SDN

Authors

  • Desi Afrianti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Noni Febriana Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1301

Keywords:

Pelatihan, budaya membaca, teknologi digital

Abstract

Pengaruh teknologi digital terhadap budaya membaca saat ini sangatlah besar. Terlebih, ketika dunia dilanda pandemi Covid 19, termasuk Kota Padang, Sumbar. Banyak bidang yang terpengaruh terutama bidang pendidikan. Pendidikan di Indonesia khususnya Kota Padang menerapkan sistem sekolah daring dan tatap muka terbatas. Hal ini mengakibatkan siswa-siswa banyak belajar di rumah dari pada di sekolah. Proses belajar menagajar banyak dilakukan secara online. Dampak dari situasi ini banyak siswa yang memanfaatkan untuk menggunakan media belajar handphone dan laptop untuk bermain game. Apalagi kegiatan ini tidak diawasi oleh orang tua, siswa pun dengan bebas bisa mengakses handphone/laptop. Selama masa pandemi ini tidak dipungkiri juga bahwa minat belajar siswa terutama dalam hal membaca menurun drastis. Oleh sebab itulah, penulis melakukan pelatihan ini agar budaya membaca siswa kembali meningkat dengan memanfaatkan teknologi digital seperti handphone/laptop ini. Output yang dihasilkan adalah budaya membaca siswa dapat meningkat dengan memanfaatkan teknologi digital sehar-hari yang mereka gunakan seperti handphone/laptop. Hal ini dibuktikan dari hasil pelatihan terhadap siswa ini ditemukan bahwa siswa sangat senang dengan membaca karena telah mengetahui aplikasi atau situs yang ada di internet yang bisa mereka akses dengan mudah yang menyuguhkan bahan bacaan yang menari dan edukatif.

Author Biographies

Desi Afrianti, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Language n education

Noni Febriana, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Language n education

References

Fadillah, I. N., Dini, K., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2021). Digital Storytelling Sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. Journal of Education Science, 7(2), 81–98. Retrieved from http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1566

Kipin.id. (n.d.). Mobil App untuk Siswa. Retrieved February 10, 2022, from https://kipin.id/web/kipin-school/

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069

Pendidikan.co.id. (n.d.). Pengertian Digital. Retrieved February 10, 2021, from https://pendidikan.co.id/pengertian-digital/.

Sutarno. (2006). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Downloads

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles