PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA FKIP UNIVERSITAS MEGAREZKY
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1047Keywords:
LMS, Pembelajaran Daring, Covid-19Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan meningkatkan keterampilan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky dalam mengelola pembelajaran daring menggunakan platform Learning Management System (LMS) dengan metode pelatihan dan pendampingan. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri atas dosen tetap dan dosen luar biasa yang berasal dari 4 Program Studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky. Dari hasil pelatihan dan pendampingan melalui kegiatan ini diperoleh hasi adanya perkembangan dan peningkatan keterampilan dosen dalam mengelola halaman mata kuliah pada E-learning Universitas Megarezky. Peningkatan keterampilan yang signifikan ditunjukkan oleh dosen yang berasal dari Prodi S1 Pendidikan Jasmani yang telah secara mandiri membuat dan mengelola halaman pembelajaran dengan platform Learning Management System (LMS) menggunakan E-Learning Universitas Megarezky, dan mempersentasekan halaman pembelajaran tersebut saat menjalani AL daring dalam rangka reakreditasi Program Studi sehingga menjadi salah satu factor meraih hasil akreditasi dengan predikat B.References
COVID-19, Website Resmi Penanganan. 2020. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang PSBB - Regulasi.†Covid19.Go.Id. 2020. https://covid19.go.id/p/regulasi/pp-no-21-tahun-2020-tentang-psbb-dalam-rangka-penanganan-covid-19.
Dewantara, Jagad Aditya, and T. Heru Nurgiansah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.†Jurnal Basicedu 5 (1): 367–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.
Fathurahman, Nandang. 2020. “INOVASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3 (1): 615–27.
Friansah, Drajat, and Yufitri Yanto. 2020. “PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM-SCHOOLOGY BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA/SMK KABUPATEN MUSI RAWAS.†JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat 2 (2): 184–95. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848.
Gunawan, Gunawan, Agus Abhi Purwoko, Agus Ramdani, and Muhammad Yustiqvar. 2021. “Pembelajaran Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19.†Indonesian Journal of Teacher Education 2 (1): 226–35.
Kemendikbud. 2020. “SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.†Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. March 24, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/.
Latip, Abdul. 2020. “PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19.†EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1 (2): 108–16. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.
Zuraiyah, Tjut Awaliyah, Rochman Marota, Yetty Husnul Hayati, Halimah Tus Sadiah, Dewi Syafrani Arbi Sagala, Akbar Sugih Miftahul Huda, and Yuli Wahyuni. 2021. “EVALUSI PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS PAKUAN.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (2): 585–95. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4101.