PELAKSANAAN KEGIATAN JUM’AT TAQWA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Penulis

  • Yudi Pratama STIT Raudhatul Ulum
  • Egi Septian STIT Raudhatul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.992

Kata Kunci:

Jum'at, Taqwa

Abstrak

Kegiatan Jum’at Taqwa merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap hari jum’at pagi yang bergerak dibidang keagamaan.Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang ajaran agama.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yairu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru sebagai informan dan 45 siswa sebagai respoden angket.Kegiatan Jum’at Taqwa di SMP Seri Tanjung, sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jadwal kegiatan jum’at taqwa yang sudah berjalan rutin yakni setiap hari jum’at.Kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi siswa diantaranya siswa dapat memperlancar bacaan surah yasin,siswa dapat membaca dzikir dan siswa mendapat nasihat agama.faktor yang menghambat pada kegiatan ini yakni kurangnya kapasitas tempat pelaksanaan, dan masih ada siswa yang belum lancar membaca surah yasin.Namun Usaha terus dibenahi untuk mengatasi permasalahan faktor penghambat tersebut.

 

Referensi

Akmad Muhaimin Azzet,2011. Urgensi Pendidikan karakter di Indonesia.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Akmal,hawi,2008. Kompetensi Guru PAi. Palembang : IAIN Raden fatah Press.Cetakanke-VI.

Apriyanto, R., & Misminarti, E. 2021. Pelaksanaan Kegiatan Jum’at Takwa dalam Mewujudkan Visi Sekolah. Borneo Journal of Primary Education, 1(1).

Hafidz,A.Konsep Dzikir dan Doa Perspektif Al-qu’an, ejurnal.staiattaqwa.ac.id.

Haryanto,R.2015..Dzikir:Psikoterapi dalam Perspektif Islam.Al-Ihkam..Jurnal Hukum dan Pranata Sosial,9(2),338-365.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. 2004. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.core.ac.uk.

Pendidikan Agama Islam.(2018). Jurnal academia.edu.

Rahardjo, M. 2011. Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. repository.uin-malang.ac.id.

Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks PendidikanIslam. (2017). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif…, h. 144.

Suharsimi Arikunto,2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta.

Tim pengembangan Ilmu pendidikan FIP-UPI, 2007.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : Imtima,2007,Cet.ke-2.

Uswatun Khatanah, 2013. Peran Guru PAI dalam Upaya Pengendalian Perilaku Menyimpang Siswa di SMAN 1 Pleret, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Yunus, Mahmud,1989. Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT. HidakaryaAgung.

Diterbitkan

2021-11-02

Terbitan

Bagian

Articles