IMPLEMENTASI PENILAIAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING DI SMPN 4 PRAMBANAN

Penulis

  • Muhammad Bahruddin Yusuf Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.858

Kata Kunci:

Penilaian Kurikulum 2013, Pembelajaran Daring, dan Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMPN 4 Prambanan serta problematikanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMPN 4 Prambanan melakukan inovasi dalam penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis daring. Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi media pembelajaran berbentuk platfrom Google classroom, Google from dan WhatsApp. Sedangkan problem yang muncul dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran PAI berbasis daring di SMPN 4 Prambanan diantaranya, kepemilikan teknologi, ketimpangan akses internet, dan kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua.

Referensi

Ahmad, I. F. (2020). ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI INDONESIA. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Ariani, D. (2018). Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09

Astuti, E. T. (2017). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PLOSO I PACITAN. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 24.

Daji, E. Mulyasa, Waska Warta. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Nusantara Education Review, 1(2), 57.

Dewi, L. (2017). RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS PADA MATA KULIAH KURIKULUM PEM-BELAJARAN DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. EDUTECH, 16(2), 205. https://doi.org/10.17509/e.v16i2.7616

Dhahir, D. F. (2019). RANCANGAN STRATEGI KOMINFO DALAM UPAYA MENGURANGI KESENJANGAN DIGITAL. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 20(2), 71. https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.2235

E. Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. JURNAL PETIK, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jumaeda, St. (2018). IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM 2013. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 65. https://doi.org/10.33477/alt.v3i1.418

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Raja Grafindo Persada.

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (n.d.). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-LEARNING (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). 18.

Miftahusroyudin, M. (2017). THE IMPLEMENTATION OF AFFECTIVE ASSESSMENT ON 2013 CURRICULUM ON RELIGION AND MORAL SUBJECT AT PRIMARY SCHOOL. 11(1), 10.

Munandar, A., Yani, A., & Ruhimat, M. (n.d.). HAMBATAN DAN EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. 7.

Rahayu, R. (2016). PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SD MELALUI PENILAIAN PRODUK PADA PEMBELAJARAN MIND MAPPING. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., & Yulianingsih, D. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. 13.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, W. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP DI MASA PANDEMIC COVID-19. 7(2), 12.

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Diterbitkan

2021-05-01

Terbitan

Bagian

Articles