PENGARUH MATERI PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA INSTITUTE TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.806Kata Kunci:
Pembelajaran Al-islam dan Kemuhammadiyahan, Kecerdasan SpiritualAbstrak
Sejarah hidup manusia sebelum abad ke-21 memandang kemampuan IQ (Intelligence Quotient) sebagai satu-satunya kecerdasan yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Sementara penelitian Goleman menyatakan bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan seseorang selain faktor IQ (Intelligence Quotient), dalam penelitiannya disebutkan bahwa IQ hanya mempengarusi sebesar 20%, sedangkan 80% dipengaruhi oleh faktor lain termasuk didalamnya kecerdasan spiritual (SQ).
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta dengan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Struktural Equation Modeling (SEM)
Hasil analisis indek jawaban menunjukan pemahaman mahasiswa terhadap variabel pembelajaran AIK sebesar 90,8. Semengtara itu, indek jawaban responden atas variabel kecerdasan spiritual menunjukan nilai indek dengan rata-rata 95,7. Hasil pengujian hipotetsis menunjukan adanya pengaruh variabel pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan terhadap variabel kecerdasan spiritual mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Jakarta.
Referensi
Adlin, 2002, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Abritasi Diantara Agama dan Semiotika,
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Duriani, M.Pd.I. 2019. Al-Islam Kemuhammadiyahan, CV. TMN Kreatif. Ponrang, Ds. Tirowali, Kec. Ponrang Kab. Luwu, Sulsel.
Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Goleman, Daniel. 2009. Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Jamaluddin, S MA. 2010. Kuliah Fiqih Ibadah, Surya Sarana Grafika, Jl. Menteri Supeno No. 42 Yogyakarta 55162.
Lisda Rahmasari, 2016. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spritual Terhadap Kinerja Karyawan,
Majlis Pendidikan Tinggi. 2013. Buku Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah: Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Muhammadiyah, Suara Muhammadiyah, Jl. KHA Dahlan No. 43, Yogyakarta, 55122.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2000. Pedoman Hidup Islami Warga
Saventy, T.A. 2019. Korelasi Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Akhlak Siswa Di Man 1 Bogor. Jurnal AKSARA PUBLIC , Volume 3 (Nomor 2)
Suara Muhammadiyah. 2009. Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, Jl. KHA Dahlan 43 Yogyakarta 55122
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trihandini,2005, “Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawanâ€, UNDIP
Zainuddin, A. S.Ag. – Jambari M, S.Ag. 1999. Al- Islam 2 Muamalah dan Akhlak.