PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL ULUM TATABA

Penulis

  • TOMI BIDJAI Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Hasrat A Aimang Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i2.425

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan  kecerdasan Emosional dan spiritual perserta didik di MTS miftahul Ulum Tataba kecamatan buko kabupaten banggai kepulauan.

Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara.

Hasil penelitian  menujukan bahwa Peran Guru Dalam Mengembangkan  Kecerdasan Emosional Perserta Didik Di MTS Miftahul Ulum Tataba Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan dari hasil penelitian peneliti mendapatkan peran seorang guru di sekolah tersebut sangat baik di bantu dengan seluruh stekholder yang terlibat di sekolah tersebut

 

Kata kunci : Pengembangan; kecerdasan; Emosional; Spritual

Referensi

Akdon Strategi Management For Educational Management. penerbit Alfabeta 2011

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Basrowi dan Suwandi; 2008. Memahami Pebelitian Kualitatif penerbit Rineka Cipta.

Handayani, Rinawati. 2007. Penanaman Disiplin dalam Menaati Peraturan dan Tata Tertib. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Masaong & Tilome Kepemimpinan Berbasis Multiple Intellegence, sinergi kecerdasan intelektual .emosional,dan spiritual untuk meraih kesuksesan yang gemilang 2011 Penerbit Alfabeta

Mulyasa Manajemen mutu berbasis sekolah PT Panca Kerya nusa 2007

Kementrian Agama RI . AlQur’ an dan terjemahannya Cetakan 12 Jakarta 2010

Markum Human Resourrces Management. penerbit SMMAS 2000

Rohiat Manajemen sekolah. Penerbit PT Rafika Aditama 2012

Ridhahani, Tranformasi Nilai-Nilai Karakter/Akhlak dalam Proses Pembelajaran, (Yogyakarta:LKiS 2013), Cet ke-I, h.91

Supardi 2013 kinerja guru Penerbit PT Raja Gravindo Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Uno Hamza teori motivasi dan pengukurannya analisis bidang pendidikan 2013 Penerbit Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: PT. Media Purnama

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bakti, 2003.

Ramadhan, Tarmizi. 2008. Kedisiplinan Siswa di Sekolah. Tesis.

Soetjipto & Kosasi, Rafflis. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Diterbitkan

2019-11-22

Terbitan

Bagian

Articles