STRATEGI PEMBERIAN REWARD PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH AL KAUTSAR GUMPANG KARTASURA
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i2.422Abstrak
Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartsura dilihat dari cara lembaga sekolah memberikan reward kepada peserta didik yang saat siswa mampu menyelesaikan hafalan Al Qur’an. Pembelajaran tahfidzul Quran menjadi program unggulan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura. Target hafalan juz 30 diselesaikan dikelas 3 dan juz 29 kelas 5. Untuk mencapai hal itu maka para pengajar tahfidz selalu memberi motivasi kepada anak supaya anak terpacu untuk bisa menyelesaikan target hafalan yang ditentukan. Adapun reward yang diselenggarakan sekolah bermacam-macam mulai bingkisan atau ucapan selamat. Puncak kegiatan dari reward kegiatan tahfidz Qur’an adalah penghargaan kepada siswa dengan mengikuti wisuda tahfidz. Dengan metode ini peserta didik berhasil menyelesaikan hafalan sesuai target yang telah ditentukan bahkan ada yang mencapai predikat mumtaz.
Referensi
Aminudin, et. all. 2005. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia
AM, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (pedoman bagi guru dan calon guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta
Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cara Menghafal Al-Qur’an dan RahasiaRahasia Keajaibannya, terj. Rusli. Yogyakarta: Diva Press.
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Munjahid. 2007. Strategi Menghafal Al Qur’an 10 Bulan Khatam (kiat-kiat sukses menghafal Al Qur’an). Yogyakarta: IDEA Press.
Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan: Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Rosda Karya.
Shihab, M. Quraish, et. all. 2008. Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pusataka Firdaus
Shohimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inofatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalamPerspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya