INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEMBENTUK KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MTs. BUQ’ATUL MUBAROKAH PAKALONGAN SAMPANG JAWA TIMUR 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i2.374Abstrak
Nilai adalah ukuran untuk menghukum atau memilih tindakan dan tujuan tertentu.Pendidikan Agama Islam merupakan usaha yang berupa pengajaran, bimbingan, dan asuhan terhadap anak agar kelak selesai pendidikannya dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam, serta menjadikannya sebagai jalan kehidupan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam upaya membentuk kepedulian sosial siswa MTs. Buq’atul Mubarokah. Adapun pertanyaan yang dijawab melalui peniltian ini adalah: 1. Bagaimana sikap kepedulian sosial siswa MTs Buq’atul Mubarokah. 2. Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa MTs Buq’atul Mubarokah. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kepedulian sosial siswa melalui pembelajaran PAI di MTs Buq’atul Mubarokah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.Data dan informasi yang dikumpulkan lebih banyak bersifat keterangan-keterangan atau penjelasan yang bukan berbentuk angka.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan agama islam dalam upaya membentuk kepedulian sosial siswa yaitu memprioritaskan internalisasi nilai-nilai keagaman kepada para siswa. Dibuktikan dengan adanya program pengajian kitab kuning dan kegiatan kerohanian yang menjadi kegiatan unggulan.Ketiga, Faktor pendukung adanya kegiatan eksternal serta minat bakat siswa dilengkapi dengan fisilitas sekolah.Dan faktor penghambatnya minimnya pengetahuan agama dan kurang adanya dorongan orang tua serta fisilitas yang kurang mendukung.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Agama Islam, Kepedulian Sosial Siswa.