PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH

Penulis

  • Irfan Anshori STIT AD-DA'WAH RANGKASBITUNG, LEBAK-BANTEN
  • Heri Setiaji STAI BABUNNAJAH PANDEGLANG, BANTEN
  • Silvi Anita STAI BABUNNAJAH PANDEGLANG, BANTEN

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2489

Kata Kunci:

Innovative learning methods, strategy non-example examples, and learning outcomes.

Abstrak

This study aims was to increase students' understanding of the practice of worship in fiqh subjects.The application of innovative learning methods through the example non example strategy is very suitable to be applied in the learning process. The example non example strategy is a learning model that uses examples. This research was conducted at MI Nambo, Pandeglang Regency. This research was conducted for 3 months, from September to November 2022. The time of this research was carried out in the odd semester of the 2022/2023 school year. This study uses experimental research methods. The type of experiment used is Quasy Experimental. The approach used in this research is a quantitative approach. In the Homogeneity Test, the results obtained were Fcount < Ftable or 1.07 < 2.215, then the data obtained was homogeneous, in the t test the results were obtained tcount=16.07 and ttable=2.044 so that the Coefficient of Determination obtained a value of 88.36, the contribution of variable X was obtained to the Y variable of 88.36% while the remainder is equal to 11.64% followed by other variables

Biografi Penulis

Irfan Anshori, STIT AD-DA'WAH RANGKASBITUNG, LEBAK-BANTEN

Dosen pendidikan Islam

Referensi

Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110–126.

Anisa, S. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 109–118.

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD N Ngesrep 01. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 91–99.

Budiasih, Y., Tannady, H., Arum, R. A., Laratmase, P., & Kurniawan, U. (2023). Analisis Faktor Determinan Kinerja Keuangan Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 1366–1377.

Candra, H. W., & A’yuni, M. R. Q. (2018). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Observasi di SMK Mulya Bhakti Mandiri Cianjur. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(1), 13–21.

Defriyanto, D., & Purnamasari, N. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 207–218.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Hartoto, T. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(2), 131–142.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165.

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51–62.

Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801.

Lase, M. S. P., Hidayani, S. D., Habibi, H., & Sarwandi, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Menyenangkan Di Masa Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Sosial, Humaniora, Dan Teknologi, 283–289.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.

Lie, R. (2022). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 258–269.

Limbong, F., & Arifianto, Y. A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 41–51.

Magasida, D. (2017). Penerapan Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 84–95.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248–251.

Muzdalia, I., Ns, S. K., Sri Darmawan, S. K. M., Sakka, L., Farm, S., & Muzakkir, S. S. (2022). Belajar Promosi Kesehatan: Study Health Promotion. Eksismedia Grafisindo.

Nugroho, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Keputusan pPembelian Pada UD. Nuansa Furniture Kelurahan Margomulyo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3165–3171.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.

Partono, P., Hamengkubuwono, H., & Fransiska, J. (2020). Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23–36.

Rahmadani, R. (2022). Metode Pembelajaran Fishbowl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Swasta Sidikalang. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 114–120.

Samiroh, S., & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa-Siswi Mas Simbangkulon Buaranpekalongan. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 67–77.

Saputra, C., Hidayad, F., & Manullang, J. G. (2022). Pengembangan Metode Pembelajaran Servis Bawah Permainan Bola Volly Siswa Kelas V SDN 15 Sembawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12209–12217.

Sariningsih, S., Yusuf, A. E., Sutisna, E., & Laihad, G. H. (2019). Pengembangan Model Resiprocal, Example Non Example, Dan Mind Mapping (Rexmind) Untuk Mengoptimalisasi Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas VII. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 770–777.

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Fau, Y. T. V., Bago, A. S., ... & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045–2052.

Sholikah, M., & Pradana, H. H. (2023). No Prestasi Belajar Siswa Yang Memiliki Orang Tua Bercerai di SMP Bustanul Muta’alimin Blitar. Psycho Aksara: Jurnal Psikologi, 1(1), 90–95.

Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–10.

Utami, R. T., Gunawan, G., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Alas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 18–23.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89.

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61.

Widodo, S. (2022). PEngaruh Kemampuan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bengkulu. Student Journal of Business and Management, 5(1), 521–540.

Yolanda, S. G., Wati, S., Arifmiboy, A., & Junaidi, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas Xi di SMA Negeri 2 Kecamatan Bukik Barisan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12164–12171.

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Articles