STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS PADA MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.2112Kata Kunci:
Strategi, Pengelolaan Kelas, PandemiAbstrak
Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peranan penting dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien terutama pada masa pandemi. Guru memerlukan beberapa strategi. Strategi yang digunakan guru hendaknya mampu meningkatkan suasana belajar yang aktif yang menurun akibat wabah penyakit virus corona. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi guru PAI dalam mengelola kelas pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Luwuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran jarak jauh melalui (daring/online) di SMA Negeri 1 Luwuk ini efektif jika diterapkan dalam proses belajar mengajar. Sistem pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet dengan memanfaatkan media daring (online). Mengingat wabah pandemi covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya, metode pembelajaran tersebut diatas bisa dijadikan opsi untuk peserta didik, guru, dan sekolah agar kegiatan belajar dapat berlangsung dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Manfaat dari strategi pembelajaran jarak jauh adalah siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyenangkan, mengajarkan siswa akan sikap disiplin dan tanggungjawab, membuat siswa menjaga perilaku baik dengan teman maupun dengan guruReferensi
Muhammad Nur. 2016. Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Banda Aceh
Aldo Redho Syam. 2017. Posisi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Ponorogo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
M. Manullang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Yusuf Bilfaqih. 2015. Esensi Mpengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama
Darwin Syah, dkk. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press
Isniatun Munawaroh, 2005. Virtual learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran
Latjuba Sofyana, 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun
Ananda Hadi Elyass, 2018. Penggunaan Model Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Medan: Universitas Darmawangsa