INTEGRASI KONSEP SABAR DALAM PENDIDIKAN AKHLAK DAN PSIKOLOGI

Penulis

  • Nurul Wahyuni Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar
  • Fadriati Fadriati Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.2105

Kata Kunci:

Integrasi, Sabar, Pendidikan Akhlak, Psikologi

Abstrak

Studi ini mengkaji tentang integrasi konsep sabar dalam pendidikan akhlak dan psikologi. Persoalan tersebut perlu dikaji dikarenakan sabar termasuk akhlak terpuji yang harus ditanamkan manusia agar memperoleh kehidupan yang baik didunia dan diakhirat. Sabar juga merupakan aspek penting yang menjadi penentu kualitas manusia di hadapan Allah SWT dan memiliki peranan dalam mengendalikan jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan integrasi antara pendidikan akhlak yang berlandaskan ajaran Islam dengan psikologi mengenai konsep sabar. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis terhadap buku dan jurnal yang terkait dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap reduksi data penulis akan memilah data  yang relevan saja. Selanjutnya data disajikan melalui kata-kata agar menghasilkan temuan baru. Kemudian merumuskan kesimpulan sebagai verifikasi terhadap temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa konsep sabar terdapat integrasi pendidikan akhlak dan psikologi yang signifikan. Konsep sabar tidak bisa dipisahkan dengan implikasi kajian psikologi. Hal ini karena implikasi yang ditimbulkan sabar dalam tinjauan akhlak dan psikologi meliputi sabar menjadi salah satu sumber kebahagiaan, menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kekuatan serta melatih diri terhadap cobaan dan masalah, membina jiwa menjadi lebih baik, memperbagus kepribadian, menjadi terapi yang efektif dalam menurunkan tingkat stress dan meningkatkan kualitas hidup.

Referensi

Abdul Khakim Dan Miftakhul Munir. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Pada Novel Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy. Pendidikan Agama Islam, 3, 101–120.

Abdullah, F., Adib, H., & Misbah, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Integratif Inklusif. Eduprof: Islamic Education …, 3(September). Https://Iaibbc.E-Journal.Id/Xx/Article/View/91%0ahttps://Iaibbc.E-Journal.Id/Xx/Article/Download/91/89

Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan Dengan Sabar. Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi Uin Sunan Kalijaga, 5(1), 32–46.

Amin, S. (2021). Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah (A. Misno (Ed.)). Penerbit Adab. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=D9qeeaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Hadits+Mengenai+Akhlak+Nabi+Muhammad+&Ots=-Z1dxdp130&Sig=_Mespsn3wupu-Sbr8rhwag8ikes&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Hadits Mengenai Akhlak Nabi Muhammad&F=False

Amin, S. M. (2016). Ilmu Akhlak (D. Ulmilla (Ed.)). Amzah.

Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37. Https://Doi.Org/10.22373/Taujih.V2i2.6527

El Hafiz, S. (2020, April). Bagaimana Psikologi Menjelaskan Sabar: Bersabar Saat Karantina Diri. Buletin Kpin. Http://Buletin.K-Pin.Org/Index.Php/Arsip-Artikel/640-Bagaimana-Psikologi-Menjelaskan-Sabar-Bersabar-Saat-Karantina-Diri

Ernadewita Dan Rosdialena. (2019). Sabar Sebagai Terapi Kesehatan Mental. Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 45–65.

Hadi, S. (2019). Konsep Sabar Dalam Al-Quran. Jurnal Madani, 11(2), 50–57.

Hamim, N. (2017). Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih Dan Al-Ghazali. Ulumuna, 18(1), 21–40. Https://Doi.Org/10.20414/Ujis.V18i1.151

Iffah, F. Dan Y. F. Y. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif, 1(1).

Luthfiya Azka Nida Khayati. (2020). Konsep Pendidikan Islam Integratif Menurut K.H. Ahmad Dahlan. Luthfiya Azka Nida Khayati.

Masduki, Y. Dan I. W. (2020). Psikologi Agama. Tunas Gemilang Press. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=7idrdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Pengertian+Psikologi&Ots=-Wclbr2wi1&Sig=1nien8okxpxmxgwqjh5fewftq0c&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Pengertian Psikologi&F=False

Miswar, A. (2017). Sabar Dalam Persfektif Al Qur’an Sabar Dalam Persfektif Al-Qur’an. Jurnal Al Hikmah, Xix(2), 88–110.

Munir, M. (2019). Konsep Sabar Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ ’Ulum Al-Din. Spiritualis, 5(2), 113–133.

Pebriani, N. (2019). Konsep Sabar Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. [Uin Sunan Gunung Djati]. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/27007/

Rizal, S. (2017). Melacak Terminologi Manusia Dalam Alquran. Jurnal At-Tibyan, 549(2), 40–42.

Ross, H. O. Dkk. (2020). Implementasi Konsep Sahdzan (Sabar Danhuznudzan)Sebagai Upaya Perawatan Kesehatan Mental Di Masapandemi Covid-19. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1). Https://Doi.Org/10.20885/Khazanah.Vol12.Iss1.Art7

Sadjad, A. (2020). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Imam Al-Ghazali. Transformasi Jurnal Studi Agama Islam, 13(1). Http://Ejournal.Stainupacitan.Ac.Id/Index.Php/Transformasi/Article/View/88/Pdf

Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Penerbit Aksara Timur. Http://Repository.Iainpare.Ac.Id/1262/

Salsabila, K. Dan A. H. F. (2018). Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 53. Https://Www.Riset-Iaid.Net/Index.Php/Jppi/Article/View/153

Santika, A. Q. A. (2022). Kontribusi Sikap Sabar Bagi Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf Dan Psikoterapi Tingkat Akhir Angkatan 2017. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(1), 50–62. Https://Doi.Org/10.15575/Jpiu.13615

Sari, D. M. P., Lestari, C. Y. D., Putra, E. C., & Nashori, F. (2018). Kualitas Hidup Lansia Ditinjau Dari Sabar Dan Dukungan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 131. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V6i2.5341

Subandi. (2011). 130454-Id-Sabar-Sebuah-Konsep-Psikologi. Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, 38(2), 215–227.

Sukino. (2018). Konsep Sabar Dalam Al-Qur’an Dan Kontekstualisasinya Dalam Tujuan Hidup Melalui Pendidikan. Ruhama, 1(1), 63–77.

Suud, F. M., & Subandi. (2017). Kejujuran Dalam Perspektif Psikologi Islam: Kajian Konsep Dan Empiris. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 121–134. Http://Jpi.Api-Himpsi.Org/Index.Php/Jpi/Article/View/44

Wahid, A. H., Muali, C., & Sholehah, B. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Waluyo, S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an. 10(September), 269–295.

Wati, A., Lestari, N. D., Fiqri, P., & Purwasih, A. (2020). Pola Interaksi Siswa Man I Metro Dalam Menyikapi Berbagai Perbedaan Ekonomi, Budaya Dan Organisasi Islam. Social Pedagogy: Journal Of Social Science Education, 1(1), 19–24. Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Social-Pedagogy/Article/View/2126%0ahttps://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Social-Pedagogy/Article/Download/2126/1627

Yusuf, M. (2017). Sabar Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 233–245. Https://Doi.Org/10.53627/Jam.V4i2.3225

Zaini, A. (2021). Konsep Pendidikan Islam Integratif Dalam Ideologi Liberalisme. Akademika, 15(1), 23–36. Https://Doi.Org/10.30736/Adk.V15i1.514

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. 12(April), 241–264. Https://Journal.Walisongo.Ac.Id/Index.Php/Sawwa/Article/View/1544/1395

Diterbitkan

2022-11-24

Terbitan

Bagian

Articles