PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.1701Kata Kunci:
Penggunaan media, video, pembelajaran PAIAbstrak
Berkembangnya kecanggihan teknologi mendorong pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Dalam pembelajaran, masih ada guru yang belum menggunakan media yang tepat, sehingga siswa kurang paham dan kurang semangat belajar.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media video dalam pembelajaran PAI dan dampaknya bagi guru dan peserta didik. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga serangkaian kegiatan setelah pengumpulan data yaitu Data reduction (reduksi data), Data Display (Penyajian data), Conclusion Drawing/Verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran PAI sangat bagus dan efisien. Implementasi disesuaikan dengan materi yang ada di KD. Dampak penggunaan media video bagi guru memacu guru untuk lebih kreatif, memudahkan guru, menghemat energinya dalam menjelaskan materi dan dapat belajar lagi tentang materi yang ada di video tersebut. Sedangkan dampak bagi peserta didik antara lain; 1. Siswa lebih bisa focus pada pembelajaran 2. Pembelajaran menjadi lebih menarik, 3. Lebih mudah memahami materi 4. Motivasinya meningkat.Referensi
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Anita, S. (2009). Media Pembelajaran. FKIP UNS.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Khanifatul. (2017). Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4901
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Al Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854
Morland, J. K. (1992). A Case for the Case Study by Joe R. Feagin, Anthony M. Orum, Gideon Sjoberg. The Journal of Social Forces, 71(1), 240–242. https://doi.org/10.2307/2579984
Mu’minin, M. I., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Patton, M. Q. (2002). Two Decades of Developments in Qualitative Inquiry: A Personal, Experiential Perspective.â€. Qualitative Social Work.
Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Widiastuti, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.124